Pengembangan Soal Tes Tertulis Berbasis STEM Dengan Pemodelan Rasch Di Sekolah Dasar

Authors

  • Adinda Aulia Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Epon Nur'aeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2197

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal tes tertulis berbasis STEM disertai analisisnya menggunakan pemodelan Rasch. Penelitian dilakukan menggunakan metode focus group discussion (FGD). Rendahnya keterampilan siswa dalam berpikir tingkat tinggi diketahui berdasarkan hasil capaian Indonesia dalam ajang TIMSS dan PISA. Siswa di Indonesia tidak terbiasa dengan soal yang memiliki karakteristik HOTS. Selain itu, berdasarkan studi lapangan masih jarang ditemukan soal tes tertulis yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Sehingga, memunculkan kebutuhan atas pengembangan soal tes tertulis HOTS. Soal HOTS dikembangkan memperhatikan salah satu bagian dari keterampilan abad 21 yaitu berpikir kritis. Hasil penelitian berupa 10 butir soal tes tertulis berbasis STEM yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis pada "Assessing 21st Century Skills for Teachers and Students". Soal tes tertulis disertai analisis menggunakan pemodelan Rasch berbantuan aplikasi winstep Rasch versi 4.4.6 yang hasilnya dapat menjelaskan kualitas dari setiap soal berdasarkan tingkat kesulitan dan kesesuaian butir soal, serta tingkat abilitas dan tingkat kesesuaian siswa.

Author Biographies

Adinda Aulia Rahmat, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Ghullam Hamdu, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Epon Nur'aeni, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

References

Akhirani, Y. S. (2019). Pengembangan Soal Tes Tertulis Pada Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Mencapai Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ariyanti, P. L., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2020). KELAS I BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21. 4(1), 147–158.

Arseni, P. A. E., Lasmawan, W., & Suarni, K. (2020). ( RPP ) TEMA TUGASKU SEHARI-HARI KELAS II SD BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21. 4(1), 1–10.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model. Taylor & Francis. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9781410614575

Boone, W. J., Yale, M. S., & Staver, J. . (2014). Rasch analysis in the human sciences. Rasch Analysis in the Human Sciences. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-94-007-6857-4

Fitriani, D. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 2.

Glynn, P., Shanahan, M., & Duggan, D. (2015). Focus groups. Retrieved from https://www.slideshare.net/johnglynn940/focus-groups-presentation

Hamdu, G., Fuadi, F. N., Yulianto, A., & Akhirani, Y. S. (2020). Items Quality Analysis Using Rasch Model To Measure Elementary School Students ’ Critical Thinking Skill On Stem Learning. 9(1), 61–74. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.20884

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. bogor: Penerbit Ghalia.

Lidinillah, D., Mulyana, E., Karlimah, & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration. Journal of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012053

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing, 64. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Saputra. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Sumintono, B. (2018). Pengukuran Model Rasch sebagai Alat Penilaian untuk Belajar. Kemajuan Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Penelitian Humaniora, 173 (Icei. Retrieved from https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.11

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan. Cimahi: Penerbit Trim Komunikata.

Trilling & Fadel. (2009). 21st Century Skills. Learning For Life in Our Times. Jossey Bass : USA.

Zulfikar, D. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN 4C DI SEKOLAH DASAR. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Downloads

Published

2020-06-28

How to Cite

Rahmat, A. A., Hamdu, G., Nur’aeni, E., & Abdul Muiz Lidinillah, D. (2020). Pengembangan Soal Tes Tertulis Berbasis STEM Dengan Pemodelan Rasch Di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 24–39. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2197