Pengembangan Software Fisika Berbasis Android Sebagai Media Belajar Pada Materi Asas Black

Kholida Ismatullah, Ahmad Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dalam Pengembangan Software Fisika Berbasis Android Sebagai Media Belajar Pada Materi Azas Black Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP di Kecamatan Selong.Metode penelitian yang digunakan menggunakan R & D oleh Sugiyono (2010). Popuasi penelitian yang digunakan adalah 4 sekolah yang ada di kecamatan selong yaitu SMPN 4 Selong, smpn 1 Selong, SMP Lab. Hamzanwadi, dan SMP Rekat Lauq, dengan jumlah sampel sebanyak 175 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran fisika berbasis android layak digunakan dengan persentase 81,11%. Teknik analisis data untuk mengukur persentasi menggunakan perhitungan rata-rata kelas yang diperoleh dari pre test sebelum diberikan perlakuan dengan rata- rata post test setelah diberikan perlakuan, dari hasilnya terlihat peningkatan prestasi belajar siswa dikeempat sekolah yang dijadikan sampel penelitian. Terlihat bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis android pada pelajaran fisika berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa di SMP Kecamatan Selong.


Keywords


Pembelajaran Fisika; Android; Azas Black; Prestasi siswa

Full Text:

PDF

References


Alfian, Ali. M dan Kustijono. Rudy. 2015. Pengembangan Software fisika Berbasis AndroidSebagai Media Belajar Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(2),181-184.

Handayani, Sari. Tutut dan Suharanto. 2016. Pengembangan Mobile Learning

Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatan Minat dan Hasil belajar Ranah Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika FMIPA UNY 1.

Huda, Arif. Akbarul. 2013. Komponen Aplikasi Android. Yogyakarta: Amikom Yogyakarta.

Safaat, H. Nazaruddin. 2012. Android: Pemprograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Revisi Pertama. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:CV.

Alfabet




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.1092

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statistic Pengunjung EDUMATIC

 

 Creative Commons License

EDUMATIC is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.