Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TKJ

Widia Kurniawati, Kholida Ismatulloh, Yosi Nur Kholisho

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran simulasi digital kelas X TKJ di SMKN 3 Selong; (2) mengetahui kelayakan dari ahli media dan ahli materi terhadap produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif; (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian adalah model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dari ahli media kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif memperoleh presentase kelayakan dari ahli media sebesar 89% dengan kriteria sangat layak. Sementara itu dari ahli materi kelayakan materi memperoleh presentase kelayakan dari ahli materi sebesar 91% dengan kriteria sangat layak. Dari respon siswa kelayakan media pada uji coba produk memperoleh presentase nilai respon siswa sebesar 95% dengan kriteria sangat tinggi dan pada uji coba pemakaian memperoleh presentase nilai respon siswa sebesar 94% dengan kriteria sangat tinggi.


Keywords


Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Simulasi Digital

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasa, Ariawan, dan Sutaya. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas XI MIPA Dan IPS Di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 14. Nomer 2. Hal. 199.

Usyanti dan Susanti. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Akutansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Kelas XI Akutansi SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Volume 03. Nomor 03. Hal.1-9.

Yuliandari dan Wahjudi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK). Volume 02. Nomor 02. Hal.1-9.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Widoyoko, Eko Putro. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.922

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statistic Pengunjung EDUMATIC

 

 Creative Commons License

EDUMATIC is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.