Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MA NW Lenek Lauq

Authors

  • Erni Budiarti Universitas Hamzanwadi
  • Zidni Zidni Universitas Hamzanwadi
  • Bambang Eka Saputra Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/fhs.v2i2.1372

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar.

Abstract

Pembelajaran konvensional dianggap sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan masyarakat. Selama ini masih banyak ditemukan guru menggunakan metode yang kurang tepat seperti model pembelajaran konvensional, pembelajaran didominasi oleh guru. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton dan berpusat pada guru seperti penggunaan metode ceramah dan mencatat yang tentunya tidak bisa melibatkan siswa secara utuh sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan. Kondisi tersebut dapat membuat peserta didik menjadi pasif dan proses belajar yang diharapkan tidak akan terjadi. Ketika proses belajar tidak terjadi, maka tidak akan didapatkan hasil pembelajaran seperti yang diharapkan. Untuk itu, diperlukan suatu metode yang memberikan ruang bagi siswa untuk dapat mengkonstruksi makna peristiwa sejarah yang dipelajarinya untuk kemudian dapat dihubungkan dengan kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas X MA NW Lenek Lauq. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan True Eksperimental Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MA NW Lenek Lauq. 30 siswa sebagai kelas eksperimen, 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan instrument yang digunakan dalam bentuk test pilihan ganda. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas data dengan Chi-kuadrat dan uji homogenitas data dengan uji Bartlet, sedangkan analisis data dilakukan dengan statistik inferensial parametrik uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 78,1 dan kelompok kontrol 61,1. Kemudian dari hasil hipotesis diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 14,049˃2,002, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X MA NW Lenek Lauq tahun pelajaran 2018/2019.

References

Ari, 2013. Undang-Undang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Mahardika.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Gafur, A. 2003. Penerapan Konsep Dan Prlnsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dan Desain Pesan Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Bahan Ajar. Cakrawala Pendidikin (3):273-289.

Kristanti, W. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VIII SMPN 18 Balikpapan Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Laksana, S.D. Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Diakses pada 12 September 2018. Http://media.neliti.com/media/publication/56566-ID-none.pdf

Prehati, N. 2013. Pengertian Penelitian Eksperimen. Skripsi Tidak Diterbitkan. IAIN Salatiga.

Sihono, T. 2004. Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam KBK. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(1): 63-83.

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surdin. 2018. The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Models on learning outcomes of Social Sciences of the material of forms the face of the earth on Class VII of Junior High School. International Journal of Education and Research, 6 (3): 57-64.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Suwandi, F.I. 2016. Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA†Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS., Edisi: Oktober 2016., ISBN: 978-602-60213-0-4http://www.s2ipa.unlam.ac.id/category/publikasi-lmiah/proceeding/seminar-nasional-pendidikan-ipa-2016/

Downloads

Published

2018-12-06