Implementasi Pembelajaran Inklusi: Studi Kasus di SDN 1 Kuta

Authors

  • Lalu Amir Rizal Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Rismarini Nursaly Universitas Hamzanwadi
  • Padlurrohman Padlurrohman Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model inklusi di SDN 1 Kuta dan dan kasus yang muncul dalam penerapan pembelajaran model inklusi.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 1 Kuta yang dikategorikan berkebutuhan khusus. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang diketahui sebagai ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) melalui metode assesmen ABK. Data tentang anak berkebutuhan khusus diperoleh dari hasil asesmen anak berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh guru guru di SDN 1 Kuta, dari orang tua siswa, guru, dan telaah dokumen pendukung pelaksanaan pembelajaran model Inklusi Di SDN 1 Kuta. Analisis data menggunakan metode reduksi. Setelah melaksanakan analisis data, diperoleh hasil : 1) Ditemukan anak berkebutuhan khusus di SDN 1 Kuta dan sebagian besar anak dalam kategori Kesulitan Fungsional khusus;  2) dukungan dan perhatian orang tua anak berkebutuhan khusus sangat kurang untuk membimbing anaknya belajar di rumah; 3) Guru belum maksimal dalam mengelola pembelajaran model inklusi; dan 4) Sarana pendukung pembelajaran model inklusi masih sangat kurang. Penerapan pembelajaran model inklusi di SDN 1 Kuta sudah dilaksanakan dari tahun 2019 namun masih ada masalah yang harus dibenahi dalam rangka lancarnya pelaksanaan pembelajaran model inklusi

Kata Kunci: Pembelajaran Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus, SDN 1 Kuta

References

Kerta Adi, Made dan Seniwati, Ni Putu. (2017). Buku Panduan Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar . Denpasar : Percetakan Bali, Anggota IKAPI Bali.

Moelyono. (2008). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Peningkatan Pemerataan Akses Pendidikan Makalah. Disampaikan Pada Acara Seminar Sehari Dalam Rangka Prayudisium Program Studi PLB- FKIP- UNS, Solo: di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. .

Rahim, Abdul, “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua”, Jurnal Sarjana wiyata Taman siswa, https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/819, (Diakses 1September 2016.)

Ratna sari, Ika Fadila (2015),”Konsep Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang penumbuhan BudiPekerti”, https:// media.neliti.com/media/publications/284534-konsep-dasar-gerakan-literasi-sekolah-pa-c73ded5b.,( Diakses 1 Juni 2018.)

Yuwana, Imam. (2017). Indikator Pendidikan Inklusif. Sidoarjo :Zifatama Publissher Anggota Ikapi No.149/JTI2014

Creswell, J. W. (2019). Penelitian Kualitatif & Desiain Riset (Ahmad Lintang Lazuardi). Pustaka Pelajar.

Damri. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama. CV Irdh.

Tim Kementrian Pendidikan Nasional Rencana Strategis Pendidikan (2010). Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemdiknas.

Roni Amrulloh, Irwan Rahadi, Riyana Rizki Yuliatin, Yul Alfan Hadi, S. R. (2017). Implementation of E-learning Based on Learning Management System Using Discovery Learning Methods For Disabilities students”. Universitas Hamzanwadi.

.

Downloads

Additional Files

Published

2023-05-25

How to Cite

Rizal, L. A., Nursaly, B. R., & Padlurrohman, P. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi: Studi Kasus di SDN 1 Kuta. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6585