Peningkatan Kompetensi Guru dalam Manajemen Referensi Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan Aplikasi Mendeley
Enhancing Teachers' Competence in Managing Scientific Article References through Mendeley Application Training
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.25961Kata Kunci:
Mendeley, Penulisan Ilmiah, Pelatihan Guru, Manajemen Referensi, PendidikanAbstrak
Pendidikan di era modern telah berkembang menjadi lebih dari sekadar penyampaian materi, bertujuan mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh. Guru-guru SMP di Lombok Timur tidak hanya berperan sebagai pengajar tetapi juga sebagai pendorong utama dalam pertumbuhan akademik siswa. Penulisan ilmiah berkualitas penting dalam mengembangkan keterampilan analitis siswa. Namun, masih ada kesenjangan dalam pemahaman guru tentang alat modern seperti Mendeley Reference Manager yang dapat mendukung proses ini. Mendeley membantu mengorganisir dan merujuk sumber-sumber secara efisien serta memfasilitasi kolaborasi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru tentang penggunaan Mendeley melalui pelatihan. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, dari 20 hingga 23 Mei 2020, di Ruang Microteaching Universitas Hamzanwadi Selong. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru. Partisipasi aktif ditunjukkan oleh 85% peserta yang mampu menggunakan fitur dasar Mendeley, sementara 75% berhasil membuat daftar pustaka otomatis. Selain itu, 90% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini meningkatkan efisiensi penulisan mereka. Evaluasi juga mengungkapkan bahwa beberapa peserta telah menghasilkan karya ilmiah berkualitas yang siap dipublikasikan di jurnal nasional. Pelatihan ini membuktikan bahwa penggunaan alat modern seperti Mendeley dapat meningkatkan kualitas penulisan ilmiah guru, mendukung pengembangan profesionalisme, dan memberikan dampak positif dalam pendidikan.
Referensi
Abdullayeva, M., & Muzaffarovna, M. Z. (2023). The impact of Chat GPT on student’s writing skills: an exploration of ai-assisted writing tools. https://doi.org/10.5281/zenodo.7876800
Al-Ababneh, H. A., & Alrhaimi, S. A. S. (2020). Modern approaches to education management to ensure the quality of educational services. TEM Journal, 9(2). https://doi.org/10.18421/TEM92-46
Bajracharya, J. R. (2019). Instructional Design and Models: ASSURE and Kemp. Journal of Education and Research, 9(2). https://doi.org/10.3126/jer.v9i2.30459
Berezovska, L. I., Kondratska, G. D., Zarytska, A. A., Volkova, K. S., & Matsevko, T. M. (2020). Introduction of new forms of education in modern higher and vocational education and training. International Journal of Higher Education, 9(7). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n7p107
Chen, Y. (2022a). The Impact of Artificial Intelligence and Blockchain Technology on the Development of Modern Educational Technology. Mobile Information Systems, 2022, 3231698. https://doi.org/10.1155/2022/3231698
Chen, Y. (2022b). The Impact of Artificial Intelligence and Blockchain Technology on the Development of Modern Educational Technology. Mobile Information Systems, 2022, 3231698. https://doi.org/10.1155/2022/3231698
Chung, S. C., Chen, X., & Geva, E. (2019). Deconstructing and reconstructing cross-language transfer in bilingual reading development: An interactive framework. In Journal of Neurolinguistics (Vol. 50). https://doi.org/10.1016/j.jneuroling.2018.01.003
de Melo Maricato, J., da Silva, M. R., & Ramos, T. B. C. (2023). Coverage and Correlations between Open Citations in Crossref and Readership in Mendeley: Different Fields of Brazilian Science. Journal of Scientometric Research, 12(1). https://doi.org/10.5530/jscires.12.1.015
Effendi, M. M., & Susanti, R. D. (2022). Utilization Of the Mendeley Application as Reference Manager For High School Teachers. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i2.1128
Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Reference Manager Dalam Meningkatkan Kemampuan Membuat Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2). https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2568
Elicker, J., Ruprecht, K. M., Langill, C., Lewsader, J., Anderson, T., & Brizzi, M. (2013). Indiana paths to QUALITYTM: Collaborative evaluation of a new child care quality rating and improvement system. In Early Education and Development (Vol. 24, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10409289.2013.736127
Emig, J. (2020). Writing as a Mode of Learning. In Landmark Essays (pp. 89–96). https://doi.org/10.4324/9781003059219-10
Fadlilah, F., MY, M., Hamdan, H., Ansori, A., Chaniago, F., Fiqhi, F., Husarida, H., Afifah, Y., & Fitriani, S. (2023). Mendeley Reference Management Training on Students’ Thesis and Scientific Articles. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6330
Farmasari, S., Riyanto, A. A., Baharuddin, Elmiana, D. S., & Amalina, A. D. (2022). Mendeley Sebagai Aplikasi Pengolah Pustaka Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir di Pulau Lombok. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2106
Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.3511
Hasbullah, Wahidah, N., & Nanning. (2023). Integrating Multiple Intelligence Learning Approach to Upgrade Students’ English Writing Skills. International Journal of Language Education, 7(2). https://doi.org/10.26858/ijole.v7i2.34383
Hayyi, A., Muslihatun, M., Mukhlisin, L., Awal, R., Hasanuddin, H., & Murcahyanto, H. (2023). Evaluasi Program Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C di Lembaga Pendidikan Nonformal. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7377
Hudriati, A., Rusdiah, Patak, A. A., & Basri, M. (2018). Assessing Indonesian University Students’ preferences on Mendeley reference manager for scientific writing. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(5). https://doi.org/10.18517/ijaseit.8.5.6671
Iskandar, -, & Patak, A. A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4). https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i4.51
Kudlow, P., Cockerill, M., Toccalino, D., Dziadyk, D. B., Rutledge, A., Shachak, A., McIntyre, R. S., Ravindran, A., & Eysenbach, G. (2017). Online distribution channel increases article usage on Mendeley: a randomized controlled trial. Scientometrics, 112(3). https://doi.org/10.1007/s11192-017-2438-3
Loiser, P. T., & Endne, W. (2022). Effect of demonstration method on learning success. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation, 1(1). https://doi.org/10.35335/curriculum.v1i1.51
Magsamen‐Conrad, K., Billotte Verhoff, C. C., & Dillon, J. M. (2022). Technology Acceptance Models. In The International Encyclopedia of Health Communication. https://doi.org/10.1002/9781119678816.iehc0776
Mardikawati, B., Noto Diharjo, N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 4(6).
Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3). https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37
Murcahyanto, H. (2023). Penerapan Media Chat GPT pada Pembelajaran Manajemen Pendidikan terhadap Kemandirian Mahasiswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073
Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Hasanah, U., & Nurmalasari, N. (2024). Evaluasi Mutu Pendidikan Menggunakan Pendekatan Teori Stufflebeam. Jurnal Global Futuristik, 2(1). https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.352
Nur Aisah Hasibuan, R., & Marlini, M. (2023). Manfaat Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 11(1). https://doi.org/10.24036/121030-0934
Parra, G. L., & Calero, S. X. (2019). Automated writing evaluation tools in the improvement of the writing skill. International Journal of Instruction, 12(2). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12214a
Patak, A. A., Naim, H. A., & Hidayat, R. (2016). Taking mendeley as multimedia-based application in academic writing. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 6(4). https://doi.org/10.18517/ijaseit.6.4.890
Patak, A. A., & Tahir, M. (2019). Avoiding plagiarism using mendeley in Indonesian higher education setting. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4). https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20268
Patak, A. A., Tahir, M., & Jahrir, A. S. (2022). Exploring Mendeley-based thesis supervision model to avoid plagiarism. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4). https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23295
Patton, M. Q. (2017). Standards of Excellence from a Leader of Excellence: Honoring Our Professional Heritage and Remembering Daniel L. Stufflebeam. Journal of MultiDisciplinary Evaluation, 13(29). https://doi.org/10.56645/jmde.v13i29.492
Pennington, C. G., Evans, A., Smith, D., & Cruz, S. (2021). Preparing Soccer Players with Consideration to the “Stages of Learning” and the “Transfer of Learning.” Journal of Educational Studies and Multidisciplinary Approaches, 1(1). https://doi.org/10.51383/jesma.2021.2
Puspita, F. M., Octarina, S., Yuliza, E., Indrawati, I., Wulandari, A., & Rachmaningtyas, D. (2021). Penggunaan Mendeley dan Endnote dalam Menyisipkan Sitasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.598
Rosadi, A., Muh Hasan Marwiji, & Eneng Yeni Mariah. (2022). Pelatihan Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1). https://doi.org/10.37471/ijce.v3i1.341
Simon, S., Lantang, T., Yulianto, A. T., & Saputro, A. K. (2022). Pelatihan Penggunaan Mendeley Desktop dalam Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia. Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.53547/rcj.v5i1.157
Song, C., & Song, Y. (2023). Enhancing academic writing skills and motivation: assessing the efficacy of ChatGPT in AI-assisted language learning for EFL students. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1260843
Suastra, I. M., & Menggo, S. (2020). Empowering students’ writing through performance assessment. International Journal of Language Education, 4(3). https://doi.org/10.26858/ijole.v4i3.15060
Thelwall, M. (2018). Early Mendeley readers correlate with later citation counts. In Scientometrics (Vol. 115, Issue 3). https://doi.org/10.1007/s11192-018-2715-9
Thelwall, M. (2020). Mendeley reader counts for us computer science conference papers and journal articles. Quantitative Science Studies, 1(1). https://doi.org/10.1162/qss_a_00010
Tri Julianto, I., Kurniadi, D., Septiana, Y., & Sutedi, A. (2023). Alternative Text Pre-Processing using Chat GPT Open AI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI; Vol. 12 No. 1 (2023); 67-77 ; 2548-4265 ; 2089-8673 ; 10.23887/Janapati.V12i1. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/janapati.v12i1.59746
Utari, K., Martinus, M., & Endrawan, I. B. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2). https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2534
Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Asfahani, A., & Priyanto, P. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1). https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2347
Wortman-Wunder, E., & Wefes, I. (2020). Scientific writing workshop improves confidence in critical writing skills among trainees in the biomedical sciences. Journal of Microbiology & Biology Education, 21(1), 30. https://doi.org/https://doi.org/10.1128/jmbe.v21i1.1843
Zaifaturridha, Satria Wiguna, & Nurmisdaramyani. (2022). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Membangun Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.965
Zemliansky, P., & Berry, L. (2017). A Writing-Across-the-Curriculum Faculty Development Program: An Experience Report. IEEE Transactions on Professional Communication, 60(3). https://doi.org/10.1109/TPC.2017.2702041
Zulaiha, D., & Triana, Y. (2023). Students’ Perception toward the Use of Open Educational Resources to Improve Writing Skills. Studies in English Language and Education, 10(1). https://doi.org/10.24815/siele.v10i1.25797
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hary - Murcahyanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.