Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Kata Kunci:

E-commerce, Kewirausahaan, UMKM Berbasis Teknologi

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia saat ini merupakan salah satu sektor usaha yang mampu membantu pemerintah dalam penyediaan penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat. Pemerintah Indonesia dalam kebijakannya telah banyak mengalokasikan dana guna meningkatkan minat generasi milenial pada bidang kewirausahaan terutama berbagai jenis usaha yang berbasis teknologi seperti starup-starup sehingga perekonomian Indonesia semakin berkembang. Kegiatan pelatihan pendampingan  pelaku UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui bantuan teknologi informasi. meningkatkan pengetahuan manajemen keuangan, dan e-commerce  pelaku UMKM, dan penguasaan Teknologi Informasi bagi pelaku UMKM. Para peserta berasal dari 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur yaitu kecamatan Sukamulia, Selong dan Labuhan Haji. Pada pelatihan pembinaan UMKM ini melibatkan 100 peserta UMKM yang ada di 3 kecamatan. Para pelaku UMKM diberikan pemahaman tentang penggunaan e-commerce dan pentingkan pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan produk UMKM sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan praktik menggunakan berbagai platform promosi yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, dan Google Business. Adapun hasil yang didapatkan yakni para pelaku UMKM dapat menguasai dasar-dasar penggunaan platform promosi yang telah diajarkan.

Referensi

Aidha, Z. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 1(1), 42-59.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Marti’ah, S. (2017). Kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dalam perspektif ilmu pendidikan. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 3(2).

Noor, C. M., & Rahmasari, G. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). 454–464

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261-289.

Purwanto, H., & Trihudiyatmanto, M. (2018). Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.211

Rahayuningsih, P. A. (2020). Pemanfaatan Digital Kufi Dalam Meningkatkan Technopreneurship Pada Organisasi Prisma. WIDYA LAKSANA, 9(2), 213-216.

Reniati, R., Sumiyati, S., & Akbar, M. F. (2021). Pelatihan pengolahan ikan dan pengemasan produk pertanian untuk pengembangan industri hilir desa Labuh Air Pandan. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 41-48.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Susilowati, E. M. (2021). Pelatihan pembuatan masker kain dalam upaya mencegah penularan Covid 19 di Surakarta. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 102-108.

Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., ... & Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93-103.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-12-2021