PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA NW KOTARAJA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Penulis

  • Nunung Ariandani Ariandani Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Biologi

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA NW Kotaraja Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar dengan metode tes essay. Untuk uji normalitas menggunakan chi-kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji F. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu parametris dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena χ2hitung ≤ χ 2tabel, yaitu untuk kelas eksperimen 6,563 ≤ 11.07 dan untuk kelas kontrol 7.271 ≤ 11.07. Adapun untuk  uji  homogenitas  dapat  disimpulkan  bahwa  sampel  berasal  dari  populasi  yang homogen karena Fhitung< Ftabel yaitu 1.04 < 1.86. Dari hasil analisis pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena harga -thitung ≤ -t1/2α atau thitung ≥ t1/2α, yaitu 4,365 ≥ 2,002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA NW Kotaraja Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015.

Biografi Penulis

Nunung Ariandani Ariandani, Universitas Hamzanwadi

Universitas Hamzanwadi

Referensi

Abdullah, sani, ridwan. (2014). pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Aisyah, santi. (2014). Peranan PhET ABS Dalam Pembelajaran Remedial Terhadap Penguasaan Konsep Larutan Asam Basa Dan Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Universitas Pendidikan Indonesia. diunduh di (http://repository.upi.edu/6753/6/S_KIM_0905847_Chapter%203.pdf tanggal 31 agustus 2015.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnyana, Putu . (2008). Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007.

Jurnal Pendidikan Dasar Vol, 3, No. 5 (2012) Kemampuan Berfikir Kritis Diunduh di https://www.google.com/#q=jurnal+berfikir+kritis. tanggal (04-Maret-2015).

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi(mixed methods, Bandung:Alfabeta.

Diterbitkan

2016-12-31

Terbitan

Bagian

Articles