PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA NW KOTARAJA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci:
BiologiAbstrak
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA NW Kotaraja Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar dengan metode tes essay. Untuk uji normalitas menggunakan chi-kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji F. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu parametris dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena χ2hitung ≤ χ 2tabel, yaitu untuk kelas eksperimen 6,563 ≤ 11.07 dan untuk kelas kontrol 7.271 ≤ 11.07. Adapun untuk uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen karena Fhitung< Ftabel yaitu 1.04 < 1.86. Dari hasil analisis pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena harga -thitung ≤ -t1/2α atau thitung ≥ t1/2α, yaitu 4,365 ≥ 2,002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA NW Kotaraja Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015.
Referensi
Abdullah, sani, ridwan. (2014). pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Aisyah, santi. (2014). Peranan PhET ABS Dalam Pembelajaran Remedial Terhadap Penguasaan Konsep Larutan Asam Basa Dan Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Universitas Pendidikan Indonesia. diunduh di (http://repository.upi.edu/6753/6/S_KIM_0905847_Chapter%203.pdf tanggal 31 agustus 2015.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnyana, Putu . (2008). Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007.
Jurnal Pendidikan Dasar Vol, 3, No. 5 (2012) Kemampuan Berfikir Kritis Diunduh di https://www.google.com/#q=jurnal+berfikir+kritis. tanggal (04-Maret-2015).
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi(mixed methods, Bandung:Alfabeta.