PENGARUH INQUIRY TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUKAMULIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Penulis

  • Ermila Mahariyanti stkip hamzanwadi

Kata Kunci:

metode inquiry terbimbing, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inquiry terbimbing terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukamulia pada mata pelajaran biologi tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sukamulia tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian merupakan sampel total dan ditentukan

dengan teknik pengundian. Berdasarkan penarikan sampel tersebut, kelas XI IPA- sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data aktivitas belajar dianalisis menggunakan rumus skor rata-rata, hasil belajar menggunakan uji-t dan untuk aktivitas dan hasil belajar menggunakan rumus MANOVA. Hasil perhitungan aktivitas belajar menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen > kelas kontrol (3,04 > 2,85), perhitungan hasil belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (1,57 > 0,6801), dan untuk hasil perhitungan aktivitas dan hasil belajar menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu (6,142 > 3,09) sehingga dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh inquiry terbimbing terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukamulia pada mata pelajaran biologi tahun pelajaran 2014/2015, 2) ada pengaruh inquiry terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukamulia pada mata pelajaran biologi tahun pelajaran 2014/2015, 3) ada pengaruh inquiry terbimbing terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukamulia pada mata pelajaran biologi tahun pelajaran 2014/2015.

Referensi

Purwanto.2009.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta:Pustaka Belajar

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soeryoko, Hery. 2011. Kiat Pintar Memproduksi Kompos dengan Pengurai Buatan Sendiri. Yogyakarta: Lili Publisher.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunarjono, Hendro. 2013. Bertanam 36 Jenis Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya.

Diterbitkan

2017-07-19

Terbitan

Bagian

Articles