PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA NW KOTARAJA PADA POKOK BAHASAN PROTISTA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Penulis

  • MURSIDIN MURSIDIN STKIP HAMZANWADI

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa kelas X MA NW Kotaraja khususnya pada materi protista.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu probability sampling tipe Simple Random Sampling peneliti mengambil 2 sampel dari 3 kelas yang merupakan populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X3 dan kelas X1. Kelas X1sebagai kelas kontrol dan kelas X3sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji regresi linier sederhana. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pengukuran tes (post tes) yang diberikan kepada kelompok eksprimen. Berdasarkan analisis data untuk post tes, nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 68 dengan standar deviasi 8,65 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 63 dengan standar deviasi 11,55. Berdasarkan hasil analisis data, untuk pengujia nhipotesis menggunakan t-tes separated varians, diperoleh nilai thitung sebesar 4,673 dan ttabel sebesar 1,671 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share yang signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MA NW Kotaraja tahun pembelajaran 2013/2014.

Referensi

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) Cet-3. Jakarta: Bumi Aksara.

Chotimah, Husnul dan Yuyun Dwitasari. 2009. Strategi-Strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif,

kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syarif, Roni. 2010. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli.

Diterbitkan

2018-07-23

Terbitan

Bagian

Articles