PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) IPA TERPADU DI SMPN I SEMBALUN KELAS V11 BERBASIS ASESMEN AUTENTIK PADA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS

Penulis

  • Adawiyah Adawiyah Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Hamzanwadi Selong

Kata Kunci:

Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) Berbasis asesmen Autentik

Abstrak

Dari hasil observasi yang dilakukan di sekolah ditemukan masalah tentang bagaimana kelayakan hasil pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS), yang bertujuan untuk menghasilkan LKS Berbasis Asesmen Autentik pada pokok bahasan Fotosintesis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model borg and gall. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, dan lembar validator. Teknik analisis data menggunakan rumus Skala lima. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi LKS oleh validator yang  meliputi kelayakan isi/materi, tampilan LKS, angket respon siswa. Hasil dari validasi Lembar kegiatan siswa adalah, 3 dengan kategori cukup baik (valid) dari segi kelayakan isi/materi, 4 dengan kategori baik (valid) dari segi tampilan, 86,66 dengan kategori sangat Baik (valid) untuk angket respon siswa, dengan menggunakan Lembar kegiatan siswa yaitu 86% yang menunjukkan bahwa siswa sangat merespon terhadap LKS

Referensi

Arikunto, S. 2006.Prosedur PenelitianSuatuPendekatanPraktik. EdisiRevisi VI. Jakarta. PT RinekaCipta

Sugiarta. 2007. Pengembangan Model Pengelolaan Program Pembelajaran Kolaboratif Untuk Kemandirian Anak Jalanan Di Rumah Singgah.. Studi Terfokus di Rumah Singgak Kota Bekasi. Bandung PPS UPI

Sugiyono. 2013. MetodePenelitianKuantitatif, Kuantitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta

Syofiana.Mardiah 2010. http://sofya6.blogspot.com autentik asesmen : di akses tanggal 3/2/2014 jam 13,45

Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaraniniovatifagresif. Surabaya: Kencanaprtenada media

Diterbitkan

2018-07-23

Terbitan

Bagian

Articles