Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas Viii Mts. Mu’allimin Nw Pancor

Penulis

  • nurainii nurainii Pendidikakn Biologi STKIP Hamzanwadi Pancor
  • M Khairul Wazni Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

cooperative integrated reading and composition (CIRC), kemampuan berfikir kritis siswa

Abstrak

Pembelajaran biologi umumnya masih kurang aktif dan kebanyakan menggunakan pembelajaran konvensional, yang berefek terhadap menurunnya kemampuan berfikir kritis siswa dan daya serap atau penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas viii mts. mu’allimin Nw pancor tahun pembelajaran 2013/2014 .Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain experimental design (pretest-postest control group) populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs. Mualimin NW Pancor.  Sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa soal uraian berjumlah 5 soal. Tehnik analisis data melihat kemampuan berfikir kritis menggunakan uji prasyarat (normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis yaitu dengan uji t-test (uji-t) Hasil penenlitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata postest pada kelas eksperiemn 77,53 dan kelas kontrol 70,92 dan hasil uji normalitasnya adalah kelas eksperimen maupun kontrol berdistribusi normal. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. diperoleh thitung>t table (4,166<1,874). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap  kemampuan  berfikir  kritis  siswa  pada  pelajaran  biologi  kelas  viii  mts.mu’allimin Nw pancor

Referensi

Costa, Athur L. (1985). Teacher Behaviors That Enable Student Thinking (in) Costa,A.L (Eds), Developing Mind: A Resource Book for Thinking. Alexandaria virginia: Association for Supervision and curiculum development.

Dimayati, mudjiono. 2006. Belajar dan pembeljaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Fisher, alec (2008).berfikir kritis. jakarta.PT Gelora Aksara Pratama

Husnul khotimah. 2009. Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Malang : Surya Pena Gemilang

Nashar. 2004. Pranan motivasi & kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran.

Jakarta: Delia Press.

Oemar hamalik. 2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bina Aksara.

Oemar hamalik. 2009. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Rokhani. 2002. Cooperative integrated reading and composition sebuah alternative

meningkatkan reading skill. Jakarta : Depdiknas.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung : Nusa

Media.

Syaiful bahri djamarah. 2006. Startegi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif R and D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2010. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. bandung : Bumi Aksara.

Suprijono, agus. 2009. Cooperative learning. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Tim penyusun .2013. pedoman skripsi STKIP hamzanwadi. Selong : STKIP hamzanwadi.

Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta : Kencana

Wina, sanjaya. 2006. Strategi pembelajaran berorietasi standar proses pendidikan.

Jakarta : Kencana.

Diterbitkan

2022-01-02

Terbitan

Bagian

Articles