PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI SISW KELAS VII
Keywords:
Discovery Learning, Memecahkan MasalahAbstract
Permasalahan yang ditemukan secara umum kegiatan siswa dalam pembelajaran biologi masih kurang aktif dan efektif. Hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan siswa mengeluarkan ide-ide/gagasan karena metode pengajaran yang dilakukan masih menerapkan metode konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning Dalam Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 1 Sembalun Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk design pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sembalun. Pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Menggunakan undian, dari hasil undian kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah siswa sebanyak 30 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes memecahkan masalah dalam bentuk essay yang terdiri dari 6 soal. Tehnik analisis data untuk melihat hasil belajar biologi siswa menggunakan rumus, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (uji-t). Hasil yang diperoleh yaitu nilai rata-rata pada kelas control 65 sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 77. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh dalam kemampuan memecahkan masalah biologi pada pokok bahasan ekosistem kelas VII SMPN 1 Sembalun Tahun Pembelajaran 2013/2014.
References
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali.
Illahi, Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental. Jogyakarta : Diva Press
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarata: Prenada Media Group
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.