PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul berbasis masalah pada materi virus kelas X SMA/MA, (2) Menjelaskan bahwa modul berbasis masalah pada materi virus layak dikembangkan pada siswa kelas X SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Penelitian dan Pengumpulan Informasi, Perencanaan, Desain Produk, Validasi Modul, dan Revisi Produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain, 2 guru biologi, dan 7 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, dan analisis data menggunakan rumus persentase keidealan dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ahli materi memperoleh nilai sebesar 77,62% dengan kriteria baik, dari ahli desain sebesar 90,1% dengan kriteria sangat baik, dari 2 guru biologi memperoleh nilai sebesar 96,68% dengan kriteria sangat baik, dan dari 7 orang siswa memperoleh nilai sebesar 95,12% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis masalah pada materi sesuai dengan kebutuhan siswa dan layak diuji coba pada peserta didik.
Kata kunci: Bahan Ajar Modul, Borg and Gall, Model Pembelajaran berbasis Masalah (PBL).
References
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok:
PT Raja Grafindo Persada.
Erlina., & Hasanuddin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based
Learning Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Keterampilan
Proses Sains di SMK Kesehatan Asyifa Schol Banda Aceh. Jurnal Edu
Bio Tropika, 1, 1-53.
Ihsan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka.
Ratnawulan dan Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
Suliyati, Mujasam, Yusuf Irfan dan Widyaningsih Wahyu Sri (2018). Penerapan
Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 1.