PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP KELAS X SMA/MA

Penulis

  • Yeni Mariana Universitas Hamzanwadi
  • Marhamah Universitas Hamzanwadi
  • Marzuki Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/cob.v8i1.27016

Abstrak

Abstract: This research intent to develop material teaches biological module get inkuiri's basis change material and pelestarian is environment to braze x SMA / MA school year 2020 / 2021. This observa- tional type is observational developmental. Model that is utilized in research and this development is model Borg And Gall. Phase that is utilized in this developmental research just 5 steps, which is Re- search and Information Collecting (need analysis), Planning (planning), Develop Preliminary Form of Product (early product development), PreliminaryField Testing (circumscribed examination), Main Product Revision (products testing yielding revision). Validator is total pro two person yaiu one valida- tor an old hand at materials and one validator an old hand at design. Estimation of biological teacher consisting of two teachers. terdiridari's respondent 10 person namely student brazes XI IPA MA Your ’ Mu’allimin NW Pancor. Tech that is utilized for downloading namely by use of questionnaire. That questionnaire is given unto 10 students, then result that gotten by dianalisis by use of tech descriptive an- alisis quantitative. There is result even analisis data that is gotten is of an old hand at materi72,06% one has kualifikasi reasonable, result validates design pro which is 88,21% one has kualifikasi so reasonable, result of MA's biological teacher Your ’ Mu’allimin NW Pancor which is 84,48% one has kualifikasi so reasonable, estimation result of MA Al Ijtihad Al Mahsuni Danger's biological teacher which is 90,52% one has kualifikasi so reasonable, and student response result which is 83,5% one has kualifikasi so rea- sonable. Base that result, product that dikembangakan reasonably being utilized deep learning process.

Keywords: Biological module, Inkuiri, changing and pelestarian environmentally

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul biologi berbasis inkuiri materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup untuk kelas X SMA/MA tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Borg and Gall. Tahap yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini hanya 5 tahapan, yaitu Research and Information Collecting (analisa kebutuhan), Planning (perencanaan), Develop Preliminary Form of Product (pengembangan produk awal), Preliminary Field Testing (pengujian terbatas), Main Product Revision (revisi hasil uji produk).Validator ahli berjumlah dua orang yaitu satu validator ahli materi dan satu validator ahli desain. Penilaian dari guru biologi terdiri dari dua guru. Responden terdiri dari 10 orang yakni siswa kelas XI IPA MA Mu’allimin NW Pancor. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yakni dengan menggunakan angket. Angket tersebut diberikan kepada 10 siswa, kemudian hasil yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil analisis data yang didapatkan adalah dari ahli materi 72,06% yang memiliki kualifikasi layak, hasil validasi ahli desain yaitu 88,21% yang memiliki kualifikasi sangat layak, hasil dari guru bi- ologi MA Mu’allimin NW Pancor yaitu 84,48% yang memiliki kualifikasi sangat layak, hasil penilaian dari guru biologi MA Al-Ijtihad Al-Mahsuni Danger yaitu 90,52% yang memiliki kuali- fikasi sangat layak, dan hasil respon siswa yaitu 83,5% yang memiliki kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, produk yang dikembangakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Modul Biologi, Inkuiri, perubahan dan pelestarian lingkungan

Referensi

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Walid, Ahmad. (2017). Strategi pembelajaran IPA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eggen, Paul, Kauchak, Don (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir: Indeks

Widoyoko, Putro, Eko. (2017). Evaluasi Program Pembelajran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hamzah, Amir. (2019). Metode penelitian dan pengembangan research and development.

Malang: Literasi Nusantara.

Prastowo, Andi.(2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva press.

Masykuri, Fadhli, Muhammad. (20). Modul Pengayaan Biologi untuk SMA/MA Peminatan Kelas X semester 2. Surakarta: Putra Nugraha.

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Anggraini, Widya, Bq.Nely, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Tentang System Gerak. Jurnal Pijar MIPA. Volume 15, Nomor 1, Hal 32-36.

Marzuki, M. Ramli, Murni. Sugiyarto. (2017). Pengembangan Modul Plantae Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 10, Nomor 2, Hal 47-54.

Nurhidayah, Rizki, (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Edusains, Volume 7, Nomor 1, Hal 37-47.

Novitasari, Erma, (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energy Alternatif Di Kelas VII SMP/Mts. Jurnal Inkuiri, Volume 5, Nomor 1, Hal 112-121.

Ikhsan, Muhamad. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Volume 2, Nomor 1.

Rohmiyati, Nazillatur, (2016). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi. Jurna Inovasi Pendidikan IPA, Volume 2, Nomor 2, Hal 223-229.

Furqon, Hafizul, (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Volume 04, Nomor 02, Hal 124-129.

Karlina, Dwi, Ferida, (2018). Pengembangan Modul Berbasis Lab Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA. Jurnal inkuiri, Volume 7, Nomor 1, Hal 71-80.

Ihsan, Dian. (2020). Medikbud Susun Kebijakan Pembelajaran Terbaik Di Massa Pandemi. diunduh di https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/11/18263071/ mendikbud-susun-kebijakan-pembelajaran-terbaik-di-masa-pandemi.

Diterbitkan

2023-06-05

Terbitan

Bagian

Articles