PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29408/cob.v8i1.27036Abstrak
Abstract: This study aims to develop Student Worksheets based on Guided Inquiry Learning on creative thinking skills and student learning outcomes. This type of research is development using a 4-D model (define, design, develop, dessisment). Data collection techniques using a questionnaire. The validator consists of 1 material expert, 1 design expert, and 2 biology teachers. The respondents consisted of 12 students of class XI IPA MA Mu'allimat NWDI Pancor. Data analysis uses quantitative and qualitative descriptive. Based on the results of data analysis and discussion, data obtained that the quality of the Student Worksheet according to 1 material expert is Very Good with an ideal percentage of 95% with Very Efficient qualifications, in terms of teaching material design the feasibility quality is Very Good with an ideal percentage of 96% with Very Efficient qualifications, teachers biology with good eligibility quality with a percentage of 81% with Efficient qualifications, and student responses with Very Good eligibility qualities with an ideal percentage of 96% with Very Efficient qualifications. The percentage of creative thinking is 58% in the creative category and 83% for learning outcomes in the medium category. Based on this, it can be concluded that the Student Worksheet Based on Guided Inquiry on Creative Thinking Ability and Student Learning Outcomes is feasible to be used in the learning process.
Keywords: Student Worksheet Teaching Materials, Guided Inquiry, On Creative Thinking Ability and Learning Outcomes
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D (define, design, develop, dessisment). Teknik pengambilan data menggunakan angket. Validator terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli desain, dan 2 guru biologi. Responden terdiri dari 12 orang siswa kelas XI IPA MA Mu’allimat NWDI Pancor. Data analisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di dapatkan data bahwa kualitas Lembar Kerja Peserta Didik menurut 1 ahli materi Sangat Baik dengan persentase keidealan 95% dengan kualifikasi Sangat Efisien, segi desain bahan ajar kualitas kelayakan Sangat Baik dengan persentase keidealan 96% dengan kualifikasi Sangat Efisien, guru biologi dengan kualitas kelayakan Baik dengan persentase 81% dengan kualifikasi Efisien, dan respon siswa dengan kualitas kelayakan Sangat Baik dengan persentase keidealan 96% dengan kualifikasi Sangat Efisien. Persentase berpikir kreatif sebesar 58% kategori kreatif dan untuk hasil belajar 83% kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing,Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar
Referensi
Fadhilah, N. (2018). Pengembangan LKS Disertai Pop up Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpiki Kreatif Siswa Kelas XI MA Bilingual Batu. (Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang).
Hakim, A.R., dkk. (2020). Bahan Ajar Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 15, 483.
Ratnawulan, & Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Rusman. (2016). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembang-kan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Syafa’ati, A.A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran fisika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Godea. Skripsi (tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triana, N. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksperimen:Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Guepedia.
Trianto, (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan ontekstual. Surabaya: Perdana Media Group.
Widodo. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Widoyoko, E.P. (2017). Evaluasi Program Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.