PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS TPACK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.29408/cob.v9i2.28413Abstrak
Abstract: The Influence of TPACK Based on Project Based Learning Model on the Implementation of the Independent Curriculum on Biology Learning Outcomes and Creative Thinking Skills of Tenth Grade Students. This research aimed to determine the impact of the TPACK based on Project Based Learning model on biology learning outcomes and the creative thinking skills of tenth-grade students. This study was used experimental research conducted with a quantitative approach. The research employed a Quasi-Experimental design with a nonequivalent control group, comprising experimental and control groups. The research population included all tenth-grade students (phase E) of SMAN 1 LENEK for the 2024/2025 academic year. The research sample was determined using multistage random sampling. Phase E3 served as the experimental class using the TPACK based on Project Based Learning model, while phase E8 was the control class using the conventional lecture method. Data collection techniques included modified tests on learning outcomes and creative thinking skills, consisting of three essay questions. Data were analyzed using an independent sample t-test for hypotheses 1 and 2 and MANOVA for hypothesis 3. The results of this study indicated that: 1) TPACK based on Project Based Learning significantly influenced biology learning outcomes, 2) TPACK based on Project Based Learning significantly influenced students’ creative thinking skills, 3) TPACK based on Project Based Learning significantly influenced both biology learning outcomes and students’ creative thinking skills.
Keywords: Project Based Learning, TPACK, Learning Outcomes, Creative Thinking Skills
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis TPACK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis TPACK terhadap hasil belajar biologi dan kemampuan berrpikir kreatif siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan nonequivalent control group design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x (fase E) SMAN 1 LENEK tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik multistage random sampling. Fase E3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model project based learning berbasis TPACK dan fase E8 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah). Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif yang sudah dimodifikasi sebanya 3 soal essay. Data dianalisis menggunakan uji-t independent sample t-test untuk hipotesis 1 dan 2, dan menggunakan MANOVA untuk hipotesis 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Project Based Learning berbasis TPACK berpengaruh terhadap hasil belajar biologi, 2) Project Based Learning berbasis TPACK berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 3) Project Based Learning berbasis TPACK berpengaruh terhadap hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci: Project Based Learning, TPACK, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif
Referensi
Anugrah, M. N. Astuti, I. Afandi. 2022. Analisis Karakter Pelajar Abad 21 Dalam Studi Kasus Di SMA Kristen Makedonia. Jurnal Evaluasi Pendidikan. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3036505
Azizah, N. Alberida, H. 2021. Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Journal For Lesson And Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073
Hamidah, I. Citra, S. Y. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Handoko, dkk. 2022. Pengaruh Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.173-180
Maula, M. M. 2014. Pengaruh Model Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pendidikan MIPA
Murfiah, U. 2017. Pembelajaran Terpadu (Teori & Praktik Terbaik Di Sekolah). PT Refika Aditama: Bandung
Ningsih, P. O. 2023. Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1904
Sari, E. A, & Utami, R. W. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas III SDN 1 Sindangrasa. Jurnal INTISABI. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Sihombing. 2021. Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Krativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Daalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringa Kelas X SMA. Jurnal uhn. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.555
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. ALFABETA: Bandung
Suhartini. 2023. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Prktikal Dalam Pembelajaran Biologi (Mikrobiologi Kesehatan) Di SMK Samarinda. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.55606/lumen.v2i2.219
Sujana. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1131
Tamimu, dkk. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Pulau Taliabu. Jurnal Biologi Babasal. https://doi.org/10.32529/jbb.v1i2.2035
Tethool, G, Paat, W. R. L, Wonggo, D. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Wirda, Y, dkk. 2020. Factor-Faktor Determinasi Hasil Belajar Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan: Jakarta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.