TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MA NW PAOKLOMBOK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN TAHUN PELAJARN 2017/2018

Penulis

  • Riza Riza Pendidikan Biologi Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Lesson Study, Hasil Belajar.

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X MA NW Paoklombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA NW Paoklombok yang berjumlah 136 orang siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Penentuan sampel menggunakan simple Random Sampling yaitu tehnik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel penelitiannya adalah kelas X IPA3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam bentuk tes pilihan ganda yang berjumlah 25 soal. Tehnik analisis data menggunakan uji ttest (uji T). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata - rata posttest kelas eksperimen yakni 72,42 dan kelas kontrol yakni 64,77. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 2,59. Setelah dibandingkan dengan ttabel (1,66911), maka thitung (2,59) > ttabel (1,66911). Jika dibandingkan hasil thitung dengan ttabel, maka thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa MA NW Poklombok Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Referensi

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rina Astuti, Wida Sunarno, suciati Sudirisman. 2006. (2016). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 338-345

Sudjana. 2013. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progressif. Jakarta: Kencana

Trianto. (2008). Mendesain Pembeajaran Kontekstual (Contextua Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: indonesia.

Diterbitkan

2019-02-24

Terbitan

Bagian

Articles