PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII MTS DARUSSHOLIHINNW KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Kata Kunci:
Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTS Darussholihin NW Kalijaga Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Desain dari quasi eksperimen ini menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa MTs Darussholihin NW Kalijaga 2017/2018 . Sampel penelitian meliputi kelas VII’A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan kelas VII’B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 26 siswa . Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan terdiri atas 25 soal. Teknik analisis data untuk melihat hasil belajar siswa menggunakan, uji-t. Nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh kelas eksperimen yaitu
77.86 sedangkan nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh kelas kontrol yaitu 59.82 dan uji hipotesis pada penelitian ini diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 5,30˃2,06, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses sains berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas VII MTS Darussholihin NW Kalijaga Tahun Pelajaran 2017/2018.
Referensi
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Pelajar Sagala.(2007). Pendekatan Keterampilan Proses dan HasilBelajar.Bandung:
Alpabeta
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2012. Perosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik.
Jakarta: rineka cipta
Zubaedi, (2011).desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana.