PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NW SUKAMULIA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Penulis

  • Nunung Ariandani Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/cob.v10i1.30728

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Poster Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, (2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kevalidan Media Pembelajaran Poster Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, (3) Untuk mengetahui bagaimana keefektifan Media Pembelajaran Poster Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang dilakukan dengan 4 tahapan yakni, pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebarluasan (Disseminasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru IPA, dan 20 siswa MTs NW Sukamulia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang sebelumnya sudah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan bahwa produk layak dan valid digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kelayakan tersebut dapat dilihat dari perolehan skor kelayakan rata- rata dari ahli materi 3,6, ahli media 3,6, guru IPA 3,2 dan respon siswa 3,6. Hal tersebut memiliki kriteria baik dan sangat baik. Selanjutnya kevalidan media pembelajaran poster tersebut dapat dilihat dari persentase keidealan dari ahli materi 90%, ahli media 91%, guru IPA 79%, dan respon siswa 90%. Berdasarkan persentase keidealan hasil yang diperoleh memiliki kriteria valid dan sangat valid. Berdasarkan hasil persentase rata- rata untuk peningkatan hasil belajar siswa, berada pada kategori sangat baik.

Referensi

Bloom. 2019. Hasil Belajar Siswa. https://repository.radenintan.ac.id. Diakses pada 7 April 2024

Isnaini. 2023. Media Poster: Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. 30 Halaman Kharisma, Miftahul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Minyak Bumi Dan Petrokimia Di Kelas XI MAS Muta’alimin Aceh Besar. Jurnal UIN Ar-Raniry

Rahman. 2022. Pendidikan dalam Pembelajaran. Penerbit Pustaka Setia: Bandung

Rhem, Alatas. 2018. Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Lierasi Sains Pada Siswa Pada Konsep Pemanasan Global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran),4 (2), 102-113.

Trianto. 2014. Model Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta Warsono & Hariyanto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

(PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-26