PENGARUH METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.29408/cob.v10i1.31319Kata Kunci:
Learning Outcomes, Team Assisted Individualization (TAI)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA NW Tebaban tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NW Tebaban tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test – post-test dengan perlakuan yang diberikan selama kurun waktu tertentu, pengukuran dengan tes sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan, serta modifikasi nilai pre-test dan post-test yang diperoleh dari hasil tes siswa setelah intervensi. Analisis data menggunakan uji-t sampel independen, didukung oleh uji Shapiro-Wilk yang dilakukan oleh peneliti. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (0,9857 > 4,28), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA NW Tebaban tahun ajaran 2024/2025.
Referensi
Chen, L., & Wang, Y. (2020). The Effect of Team Assisted Individualization (TAI) on Learning Outcomes: A One Group Pretest-Posttest Study. Journal of Educational Research, 113(4), 512-526.
Dewi,N.P.C.P.(2016).Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar PKn. e-journal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 4, Nomor 1
Nurissa, D, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi Teknologi Pendidikan UNY.
Sari, R., & Wijaya, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika: Studi Pre-Eksperimen One Group Pretest-Posttest. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 215-230.
Sari, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Program S-1 PGMI IAIN Bengkul.
Sugiyono. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.