PENGEMBANGAN ELEKTRONIL MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM REPRODUKSI

Penulis

  • miftahul Jannah Universitas Hamzanwadi
  • M Marzuki Universitas Hamzanwadi
  • Marhamah Marhamah
  • Zumiyati Zumiyati

DOI:

https://doi.org/10.29408/cob.v7i2.8163

Kata Kunci:

Sumber Belajar, elektronik modul, Borg and Gall

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik modul sebagai sumber belajar siswa menggunakan Flipbook maker pada materi sistem reproduksi di MA Muallimin NWDI Pancor. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, persiapan uji coba lapangan, revisi produk, uji coba, dan revisi produk. Adapun subjek dari  penelitian ini dalah siswa kelas XII, guru mata pelajaran dan beberapa ahli yang menjadi  validator baik dari segi materi dan media. Untuk pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket respon kepada siswa dan guru serta memberikan angket penilaian kepada validator. Data yang diperoleh dari subjek penelitian ini kemudian dianalisis untuk menguji kelayakan terhadap e-modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai 3,4 dari ahlimateri dengan kriteria Layak dan tidak revisi, dari ahli media diperoleh 3,66 dengan kriteria Layak dan tidak revisi, hasil respon guru 3,1 dengan kriteria Layak dan revisi sebagian serta hasil dari respon siswa 3,27 dengan kriteria layak dan tidak revisi. Selain itujuga dilakukan uji N-Gain untuk menguji kelayakan e-modul oleh siswa dengan perolehan nilai N-Gain 35 dengan kriteria sedang sehingga e-modul yang dikembangkan layak untuk dijadikan sumber belajar siswa.  Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak menjadi sumber belajar siswa.

Referensi

Adhitya, R. A. 2018,Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. Tersedia di (https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/download/9395/pdf) e-ISSN 2540-7694 p-ISSN 0854-5251.Vol. 27,No 1,Juni 2018diakses tanggal 18 Januari 2022

Cahyani, A. 2019,Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Banjarmasin, Laksita Indonesia

Dikbud NTB, 2021,Belajar Tatap Muka Terbatas, tersedia di (http://dikbud. ntbprov. go. id/index). diakses tanggal 25 Januari 2022

Fitriani, F. 2020,Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Tersedia di (http://e-journal. litpam. org/index. php/e-saintika), e-ISSN: 2615-6881,pp. 16-25.Vol 4,No 1.Diakses tangggal 23 Desember 2022

M. Marzuki, et.al (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Bakteri Berbasis Guided Inquiry Sma/Ma Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Biologi UM. Vol 13, No 1 (2022)

Maharcika dkk, 2021,Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV Sd/Mi. tersedia di (https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/240/328) , ISSN: 2613-9553.Vol 5,No 2.Diakses tanggal 18 Januari 2022

Prastowo, A. 2018,Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di sekolah/madrasah. Jakarta, Kencana

Satianawati, 2018,Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta, Deepublish.

Simatupang, N. R. & Elferida, S. 2020,The effectiveness of using flipbook maker to improve the chemistry learning outcomes of senior high school students. Tersedia di (http://repository. uki. ac. id/2593), ISSN: 2085-3653,e-ISSN: 2549-3116.Vol 12,No 1,26-33.Diakses tanggal 17 Februari 2022.

Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaatif, Kuualitatif, dan R&D), Bandung, Alfabeta

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Articles