PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLEKTUALI REFETITION TERHADAP BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GANJIL PADA MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v4i1.1160Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran
Auditory intellectually Refetition dapat meningkatkan kemajuan berfikir kreatif
dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah inovasi pendidikan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan quasi Eksperimental Design dimana sampelnya seluruh mahasiswa semester lima pada mata kuliah inovasi pendidikan yang terdiri dari dua kelas. Pengujian hasil hipotesis H1 berfikir kreatif mahasiswa ,terdapat t hitung > t table yaitu 3,028 > 4, artinya hipotesis diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran auditory intellectually refetition terhadap berfikir kreatif mahasiswa, berdasarkan analisis observasi berfikir kreatif mahasiswa bahwa skor nilai kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. yaitu 4,6 nilai untuk kelas eksperimen yang berarti sangat aktif dengan kategori skor sedangkan kelas control antara 3,8 yang berarti cukup baik. Untuk uji hipotesis H2,dengan rumus uji T hasil yang diperoleh yaitu t hitung adalah 4,7025 lebih besar dari t tabel dengan db 48 pada taraf signifikan 5% yaitu ,t tabel 2,021 sehingga t hitung 4,7025 lebih besar dari t tabel 2,021 artinya hipotesis Ha yang diajukkan diterima yaitu penggunaan model pembelajaran Auditori Intellektually Repetition berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata kuliah inovasi pendidikan. H3; Untuk hasil pengujia hipotesis s e c a r a simultan untuk variabel bahwa; kreteria t hitung > t table yaitu (22,50> 1,743) maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Refetition terhadap berfikir kreatif dan hasil belajar mahasiswa semester lima pada matakuliah inovasi pendidikan.