Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Dekak-Dekak Mata Pelajaran Matematika Pada SDN 1 Sembalun Lawang Tahun Pelajaran 2018/2019

Naswan Naswan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Pelajaran Matematika dengan menggunakan media dekak-dekak, upaya ini untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki prestasi pengajaran yang dilaksanakan. Maka dengan demikian guru harus mampu menciptakan motivasi belajar siswa. Kegiatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus dari hasil analisis tentang kreatititas belajar siswa tergambar pada diagram yang menujukkan hasil yang signifikan. Pada pelaksanaan siklus I menunjukkan kreatifitas siswa agak sedikit lemah kalau dibandingkan dengan siklus II, dimana siklus II kreatifitas belajar rata-rata kategori baik dan sangat baik. Sedangkan data prestasi belajar siswa pada siklus I dalam hal ini kemampuan berhitung pada siswa kelas IV menunjukkan kategori sangat baik (80%) sebanyak 13 orang, baik (70%) sebanyak 6 orang, cukup baik (60%) sebanyak 4 orang, dengan kategori kurang (50%) sebanyak 2 orang dan sangat kurang (40%) sebanyak 6 orang. Selanjutnya pada siklus II tergambar pada histogram menunjukkan kategori memuaskan (90%) sebanyak 15 orang, sangat baik (80%) sebanyak 3 orang. baik (70%) sebanyak 6 orang, cukup baik (60%) sebanyak 3 orang dan dengan kategori kurang (50%) sebanyak 4 orang. Dari data ini menunjukkan adanya kemajuan yang sangat signifikan terhadap kemampuan berhitung dengan menggunakan media dekak-dekak.

Kata Kunci : Media Dekak-dekak, Kualitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Sarwin. 2001. Pembentukan Dan Pengembangan Konsep Melalui Metode Simulasi Menggunakan Program CAI. Yogyakarata : UNY.

Tim Pengembang Nasional Program Manajemen Berbasis Sekolah Jakarta 2008.

Pajariah Nur, Devi Tri Ratnawati 2008. Cerdas Berhitung Matematika, Jakarta Aneka Ilmu.

Buchori; Jumadi; Sutiqno; MadangGasto. 2005. Gemar Belajar Matemtika, Semarang; PT, Aneka Ilmu.

Fasilitator ISSN: 1693 - 0290 Edisi III tahun 2003.

Fasilitator ISSN: 1693 - 0290 Edisi V tahun 2003.

Khamin, S.Pd, dkk. LKK Kontras Matemdtika. Semarang, CV. Aneka Ilmu.

LKS Cemara Bahasa Indonesia (Anonim).

Model Pembelajaran IPS SD Departemen Pendidikan Nasicnal 2003.

Marpaung, Y; Manoy, Janet T. 2004. Matematika untuk SD kelas 5. Jakana, PT. Balai Puslaka.

Tim FKIP. 2009. Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK) 4501 Edisi 4. Jakarta, Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.