Implementasi program literasi membaca kelas 5 di SD Negeri Karangwuni

Authors

  • vadia indra luxyana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Henry Aditya Rigianti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Yogi Indra Wijayanto Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.19282

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi Program Literasi membaca siswa kelas 5 di SD Negeri Karangwuni. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yakni Guru Kelas dan siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahap yakni data reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD Negeri Karangwuni, implementasi program literasi membaca sampai pada tahap pembiasaan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai. Upaya sekolah untuk meningkatkan program literasi adalah dengan cara membiasakan membaca buku non pelajaran dan buku pembelajaran selama 15 menit sebelum kelas dimulai, membangun lingkungan yang mendukung literasi dan melibatkan mitra dalam pelaksanaan kegiatan literasi. Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dalam kegiatan ini yakni semangat siswa-siswi dalam membaca buku dan dukungan dari berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambat pembiasaan kegiatan membaca adalah belum optimalnya pelaksanaan Program literasi sekolah ini karena belum sepenuhnya rutin dilaksanakan disetiap kelas lainnya.

 

Kata kunci: Program literasi, Implementasi Program, literasi membaca.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

luxyana, vadia indra, Rigianti, H. A., & Wijayanto, Y. I. (2023). Implementasi program literasi membaca kelas 5 di SD Negeri Karangwuni. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 383–392. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.19282