Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas II UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24124Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Big Book terhadap kemampuan literasi informasi siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program komputer SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan media pembelajaran Big Book mendapatkan rata-rata 3,3 yang berarti terlaksana dengan baik. Adapun hasil belajar kemampuan literasi informasi siswa kelas IIA digambarkan dengan hasil dari analisis inferensial dimana uji normalitas 0,095 uji homogenitas 0,180 dan hasil uji T 0,000, sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Big Book terhadap kemampuan literasi informasi siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Jadi, melalui hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media Big Book terbukti berpengaruh terhadap kemampuan literasi informasi siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar.
References
Aisyah Usman. (2020). Pengaruh penggunaan Media Big Book Terhadap Minat Baca Siswa SD Negeri Butung 1 Kota Makassar. Pascasarjana UNM.
Ani Rosidah, D. P. (2021). Kemampuan Literasi Membaca Dengan menggunakan Media Big Book Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidkan, FKIP UNM, 547–553.
Armadayanto Navyseals, Supardi R, Cayati, A. S. (2020). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here Dikelas III SDN 74 Kabupaten Maros. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Strategi Everyone Is Teacher Here DiKelas III SDN 74 Bontti-Bonti Kabupaten Maroslas III SDN 74 Bontti-Bonti Kabupaten Maros, 1.
Hasan, N. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. In Universitas Muhammadiyah Makassar (Vol. 58, Issue 12). https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 187. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/945/883
Jusmawati, J. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar (pp. 164–172).
Kurniah, S. S. dan N. (2017). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, PG-Paud FKIP Unib, 2(1), 48–49.
Laily, E. K., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Rangkah 1 Surabaya. Jpgsd, 6(10), 1802–1803.
Marwati, M. B. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3, 453.
Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 46. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53
Nugrananda Janttaka, & Eka Yuliana Sari. (2022). Analisis Peran Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa SD Negeri 02 Gendingan Kabupaten Tulungagung. Inventa, 6(1), 2. https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a5337
Puspaningrum, R. D., & Gunansyah, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 175–177.
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 52–53. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3208
Rosidah, A., & Pebrianti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1707–1715.
Sari, M., & Zulminiati. (2021). Efektifitas Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di TK Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukit Tinggi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1).
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 20. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Solchan Ghazali, M. Amin, Wulan Suci Nur Rahmawati, & Grisa Anecy. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 164–165. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141
Yasin, F. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 146–147. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.28