PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES ANTANG I KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24136Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan rekomendasi dari wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program komputer SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi mendapatkan rata-rata 2,8 yang berarti terlaksana dengan baik. Adapun hasil belajar siswa kelas IVC digambarkan dengan hasil dari analisis inferensial dimana uji normalitas 0,106 uji homogenitas 0,036 dan hasil uji T 0,000, sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Jadi, melalui hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar.
References
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Eka Fitriana HS, Perawati Bte Abustang, W. F. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 77–84.
Famani, Jusmawati, Supardi, K. (2022). Pengaruh Rapor Elektronik Terhadap Asesmen Autentik Guru Sd the Influence of Electronic Report Card ’ S on Authentic Assessment of Sd Inpres Bangkala Iii Manggala District. Jurnal Pendidikan, Sosialdan Humaniora, 2(2), 103–113.
Husni, T. (2013). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI oleh : Teuku Husni. Jurnal Pendidikan, 2(3), 1–12.
Khaedar, M., Supardi, R., & Alam, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban Murid Di Kelas V Sd Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 58–68. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/4816
Khusnah, F., Rizal, A., & Irianty, H. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap Terhadap Pencegahan Penyakit Hipertensi Pada Usia Produktif di Wilayah Kerja Puskesmas Melati Kuala Kapuas Tahun 2021. Unsika, 63, 1–8.
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.
Puspitarini, P. A., & Panjaitan, Y. (2019). Pengaruh Tata Kelola, Kinerja, dan Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Modal Intelektual Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012-2016. ULTIMA Accounting, 10(2), 150–168. https://doi.org/10.31937/akuntansi.v10i2.983
Satriawati, Ali, A. M., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121.