ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Patra Aghtiar Rahkman UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Dewi Anggi Agustin UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Elisabeth Serepina Puspa Negara UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Selvi Mutia Yunita UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Farhan Alamsyah Muhammad Yunus UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Ashri Tri Pratiwi UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24156

Abstract

Pembelajaran berbasis teknologi adalah pendekatan pendidikan yang memanfaatkan teknologi sebagai alat utama dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis IT terhadap motivasi belajar peserta didik. Studi literatur akan dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi dari sumber – sumber referensi yang berkualitas dan relevan dengan topik penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari antusias dari peserta didik ketika pembelejaran dikelas. Media pembelajaran berbasis IT seperti powerpoint, quiziz, dan video animasi pembelajaran dapat digunakan sebagai variasi media pembelajaran dikelas ataupun sebagai tugas PR dirumah karena media pembelajaran berbasis IT banyak digemari oleh peserta didik, peserta didik dapat belajar dan bermain dengan beragam materi, contoh soal dan latihan soal - soal yang ada disertai dengan gambar animasi. 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Motivasi

References

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Education, 1(1), 1–12.

Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 147–153. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.146

Safitri, M. E., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Myob. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 30–43.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044

Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas pemanfaatan multimedia pembelajaran berbantuan ispring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1).

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), h. 11

Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009), h. 64

Dina, R., & Rahayu, S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 7(2), 209-216. Herawati, N., & Astuti, R. D. (2021).

Haryanto, H., & Sutikno, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Biologi pada Siswa SMA. Jurnal Biologi Pendidikan dan Sains, 3(2), 124-134.

Afrilia, M., Puji Rahmawati, F., Ratnawati, W., Kunci, K., & Belajar, M. (2022). PenggunaanMedia Power Point Untuk Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen. Educatif: Journal of Education Research, 4(2), 1–7. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Zatnika, D., & Rochintaniawati, D (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT di SMA BPPI Baleendah Kabupaten Bandung Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(1), 47

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Rahkman, P. A., Agustin, D. A., Negara, E. S. P., Yunita, S. M., Muhammad Yunus, F. A., & Pratiwi, A. T. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 316–326. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24156