Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sd Negeri Curugbarang

Authors

  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Salsa Umi Nasuha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24178

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan berpikir kritis dan  kreatif seseorang tidak dapat dipelajari secara langsung, namun dipelajari melalui praktik. Oleh karena itu, keterampilan ini sangat penting dan harus dipraktikkan di setiap kelas. Pengelolaan kelas yang baik juga menjadi salah satu faktor yang  meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD Negeri Curugbarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Yang mana pendekatan deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data kualitatif dan menyajikannya secara deskriptif untuk memperoleh data nyata dan menekankan hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa  strategi pengelolaan kelas di SD Negeri Curugbarang yang dilihat dari  faktor fisik dan faktor non Fisik. Kedua faktor tersebut mempunyai dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD Negeri Curugbarang. Hal ini terlihat melalui partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pengelolaan kelas, Berpikir Kristis

References

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jais, A. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Journal of Dharmawangsa University, IV (01), 113-123.

Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121-136.

Norrizqa, H. (2021). Berpikir kritis dalam pembelajaran ipa. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Putri, C. S. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Outdoor dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Studi Quasi-Eksperimental di Sekolah Menengah Atas di Bandung. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 68-77.

Putri, D. A. (2023). Model Pembelajaran: Peningkatan Proses Pembelajaran.

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Rosyidi, B. (2015). Pengelolaan Kelas Dalam Konteks Secara Fisik Dan Non Fisik.

Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.

Sarwono, J. (2009). Memadu Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif: Mungkinkah?. Ilmiah Manajemen Bisnis.

Siswono, T. Y. E. (2016, October). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1) (pp. 11-26).

Sulistiyono, A. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi melalui budaya sekolah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-8.

Tumanggor, AAA, & Nirwana, H. (2022). Pengelolaan Kelas Sebagai Acuan Pembelajaran Aktif: Array. eductum: Jurnal Literasi Pendidikan , 1 (2), 215-255.

Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(5).

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Andriana, E., Rokmanah, S., & Nasuha, S. U. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sd Negeri Curugbarang. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 278–287. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24178