Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 01 Otak Rarangan

Authors

  • Vika Rapiatul Hasanah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Otak Rarangan, Kecamatan Wanasaba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperiman Pra-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Metode eksperimen ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui secara pasti pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Peneliti hanya menggunakan satu kelas, yaitu kelas eksperimen, dan dikenakan perlakuan dengan dua kali pengukuran, yaitu pre-test dan post-test dalam satu subjek penelitian yaitu kelas V SDN 01 Otak Rarangan. Temuan penelitian diperoleh dari hasil tes motivasi belajar dan dianalisis menggunakan analisis prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil rata-rata pretest sebesar 68,35 dan hasil posttest sebesar 87,54 dengan selisih 19,19. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah terhadap peningkatan motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Otak Rarangan. Hasil uji-t diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 01 Otak Rarangan.

 

Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi belajar Siswa, Pelajaran IPA

References

Undang-undang RI No.23 tahun 2003 Bab I Ayat I, tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta : Kemdikbud.

Sardiman dalam Oktavianan.2015. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar.Skripsi.Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Semarang.

Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung : Alfabeta, 2010) cet.9, h. 107

Burhan Bungin dalam Wulandini. Pengaruh media musik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X. Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri syarif Hidayatullah. 2010

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hasanah, V. R. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 01 Otak Rarangan. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 344–354. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24299