Efektivitas Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Literasi Sains IPAS SD
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.26879Abstract
Literasi sains sebagai suatu kecakapan penting pada pendidikan abad 21 diperlukan peserta didik untuk memiliki kemampuan pemikiran kritis serta kemampuan pemecahan masalah dalam konteks kehidupan. Namun, kemampuan ini belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan baik akibat sejumlah faktor seperti kurangnya minat siswa terhadap literasi, kesulitan memahami konsep pembelajaran, dan kurangnya strategi pembelajaran yang tepat khususnya pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Kegiatan literasi sains dapat ditunjang dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode ini menyajikan kemampuan memahami konsep-konsep pembelajaran peneyelesaian permasalahan dan pengembangan pemikiran yang dilakukan bersama anggota kelompok dalam bentuk sebuah permainan antar tim. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengkaji keefektifan model kooperatif jenis Team Game Tournament terhadap kemampuan literasi sains di sekolah dasar khususnya muatan pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan data sekunder sebagai bahan kajian. Sumber kajian penelitian yang digunakan adalah rentang waktu lima tahun terakhir. Teknik analisis data dilakukan dengan membaca, menganalisis isi bacaan, mencatat, menyintesis, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan dengan mengkaji sembilan sumber literatur dengan mengaitkan kata kunci sebagai dasar pencarian. Penerapan metode Team Game Tournament memiliki pengaruh efektif untuk mengembangkan kemampuan literasi sains pembelajaran IPAS karena pada setiap sintaksnya memiliki aspek yang melibatkan indikator literasi sains IPAS. Indikator tersebut meliputi konten, konteks, dan proses sains.
Kata kunci: Literasi sains; Model kooperatif; Team Game Tournament; IPAS
References
Aisah, S., & Agustini, R. R. (2024). Pengembangan Instrumen Keterampilan Proses Sains Dengan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 12(1), 275-280.https://doi.org/10.37081/ed.v12i1.5746
Aryani, KA., Ardani, NLPE., Dewi, NMCK., Arisandi, NMA., Adriani, NLD, & Werang, BR. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3 (03), 75–79. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1320
Deming, J.C., Jacqueline R. O’Donnell &Christopher J. Malone. (2007). Scientific Literacy: Resurrecting the Phoenix with Thinking Skills. Science Educator. Winter 2012 Vol. 21, No. 2. http://course1.winona.edu/cmalone/Promotion/Publications/Scientific%20Literacy%20 dengan%20Deming.pdf
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA terintegrasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958-1967.
Elitasari, HT (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516.
Erlina, Eli. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Awal Siswa. Purbalingga. CV Sketsa Media.
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Hatimah, H., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan IPA Menggunakan Model GREAT. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling , 1 (3), 694–708. Diambil dari https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/313
Ismiyah, K. N., Mahmudah, R. A., & Nurulqolbi, S. (2024). Kreativitas Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 762-767. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6559
Izzuddin, A., Yulianto, A., & Pambudi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan Kompetensi Literasi Kelas VI SDN 15 Wermith Kabuapten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6 (1), 98-103. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.464
Kamila, N., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 8 (2), 1545–1553. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7391
Karini, NW, Agung, AAG, & Citra Wibawa, IM (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dengan Seting Lesson Study Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian dan Review Pendidikan Indonesia, 3 (1), 86–96. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881
Kemdikbud, T. G. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasioanl.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. Https://Doi.Org/10.33559/Eer.V2i3.628
Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 14-21.
Malik, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament di Sekolah Dasar. Profesional Pengajar Jurnal Global , 2 (4), 193-208. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1023
Mardhiyah, H. R., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Maryati, N., & Saputra, BA (2023). Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Budaya dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Media Ular Tangga pada Materi Perubahan Masyarakat Masa Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Tsaqofah , 4 (1), 173-180. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2154
Mu'minah, I. H. (2021, October). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 584-594).
Nur Aini, D., Silmaini Wafa, A., & Kurniawati, W. (2023). Pengaplikasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Besaran dan Satuan di Sekolah Dasar. Faidatuna , 4 (4), 135-141. https://doi.org/10.53958/ft.v4i4.384
OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-i_5f07c754-en
Oh, K., Kang, NH. (2019). Participation Patterns of Elementary student in scientific problem finding activities. Asia-Pasific Science Education. 5, 16. https://doi.org/10.1186/s41029-019-0039-6
Parwanti. (2020). Pembelajaran Kooperatif Model Perminan dalam Pembelajaran IPS SMP. Jawa Barat. Penerbit Adab.
Qiao, C., Chen, Y., Guo, Q. et al. (2024). Understanding science data literacy: a conceptual framework and assessment tool for college students majoring in STEM. IJ STEM Ed 11, 25. https://doi.org/10.1186/s40594-024-00484-5
Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Uziah, E., Hamengkubuwono, H., & Supardan, D. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA kelas V SDN 7 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN CURUP). https://e-theses.iaincurup.ac.id/2609/1/SkripsiELVA.pdf
Wahyu Kurniawati, UPY (2024). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
W. S. Nugraha, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 10, no. 2, hal. 115, 2018.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala Pendas, 3(2), 21-28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adhela Septiria Wardani, Heru Purnomo, Wahyu Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.