Fenomena Perilaku School Bullying Pada Murid Di SD Inpres Hombes Armed
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.27262Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Hombes Armed yang bertujuan untuk mengetahui fenomena perilaku school bullying yang terjadi di sekolah dasar, dimana untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku school bullying, faktor penyebab perilaku school bullying dan upaya guru mencegah terjadinya perilaku school bullying di SD Inpres Hombes Armed. Subjek penelitian awal adalah seluruh guru dan siswa di SD Inpres Hombes Armed. Setelah melakukan observasi awal dan wawancara pada seluruh guru maka subjek penelitian dipersempit menjadi guru kelas V A, guru kelas VI A, dan bagian kesiswaan di sekolah tersebut, serta siswa kelas VI A sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Hasil dari penelitian ini terdapat perilaku school bullying di SD Inpres Hombes Armed yaitu bentuk-bentuk school bullying yang terjadi ada dua yaitu: 1). Bullying verbal langsung seperti memanggil nama dengan nama lain, mengomentari bentuk tubuh, mengejek dengan nama orang tua. dan 2). Kontak Fisik Langsung yang dialami yaitu menjegal. Adapun faktor penyebab terjadinya perilaku school bullying yaitu pengaruh lingkungan dari pertemanan dan orang tua, dan sulitnya korban bullying bersosialisasi dengan teman-teman yang lainnya. Dan upaya guru dalam menangani/mencegah hal tersebut yaitu: 1). pemberian nasihat atau bimbingan khusus bagi anak yang gemar melakukan perilaku bullying kepada temannya. 2). mengangkat topik bullying dan memberikan pemahaman kepada anakanak di kelas terkait bullying. 3). Merespon cepat ketika menemukan kejadian/tandatanda bullying dan memberikan tindakan tegas. 4). Melibatkan orang tua untuk mengedukasi atau mencari solusi bersama ketika terjadi pembullyan kepada siswa.
Kata kunci: Fenomena school bullying, Bentuk-bentuk bullying dan Upaya guru mencegah perilaku bullying.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasniar, Satriawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.