Strategi Optimalisasi Gaya Belajar Siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30401Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengoptimalkan gaya belajar siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perlunya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa CIBI agar kemampuan mereka berkembang secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa CIBI menunjukkan variasi gaya belajar, meliputi visual, auditorial, dan kinestetik. Untuk mendukung keberagaman tersebut, guru menerapkan strategi yang disesuaikan seperti penggunaan media interaktif, pendekatan pembelajaran kontekstual, serta penyediaan materi pengayaan. Sekolah turut memberikan dukungan melalui program tambahan dan fasilitas penunjang. Kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif bagi siswa CIBI. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif dan berfokus pada keunikan siswa berbakat.
References
Astuti, W., Hanafi, I., & Sarkadi. (2022). Program Akselerasi Belajar Anak Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa. 6(3) 5240535.
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74
Fitri, S. F. . (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
Fauzi, R., Usman, A., Hayati, N. N., & Nasihudin, M. D. (2023). Pengelompokan Gaya Belajar Secara Homogen dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi Proses Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 9. https://doi,org/10.47134/jtp.vli2.77
Khovivah, A., & Weni Tria Anugrah Putri. (2023). Profil Gaya Belajar Siswa Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kelas Va Min 6 Ponorogo. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 318–333. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i1.2102
Murniviyanti, L., & Supena, A.(2021). Education Services for Special Intelligent and Talent Children in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2481-2488. https:doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1320
Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Auditori dalam Pandangan Filsafat. At_Tazakki, 6(2), 255–270.
Prasetyo, T., Alya, N., & Rahmatillah, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Anak: Studi Kualitatif Tentang Pola Asuh Dan Pembinaan Keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu, 9(2), 207–215. https://doi.org/10.25078/jpm.v9i02.2789
Puspitasarii, Y., & Lestari, P. (2024). Memahami Anak Berbakat Istimewa (Talanted) serta Penerapan Model Pembelajarannya. PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 1(1), 1–19. https://scholar.google.com/
Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta CV.
Suprihatiningrum, J. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN: Teori & Aplikasi. AR_RUZZ MEDIA.
Ulfa, M., & Aridhona, J. (2021). Psikologi Anak Berbakat. Syiah Kuala University Press.
Zamhari, Noviani, D., & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nandadwirintani, Liza Murniviyanti, Evi Rosmiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.