Strategi Optimalisasi Gaya Belajar Siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang

Authors

  • Nandadwirintani Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Liza Murniviyanti Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Evi Rosmiyati Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengoptimalkan gaya belajar siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perlunya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa CIBI agar kemampuan mereka berkembang secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa CIBI menunjukkan variasi gaya belajar, meliputi visual, auditorial, dan kinestetik. Untuk mendukung keberagaman tersebut, guru menerapkan strategi yang disesuaikan seperti penggunaan media interaktif, pendekatan pembelajaran kontekstual, serta penyediaan materi pengayaan. Sekolah turut memberikan dukungan melalui program tambahan dan fasilitas penunjang. Kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif bagi siswa CIBI. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif dan berfokus pada keunikan siswa berbakat.

 

References

Astuti, W., Hanafi, I., & Sarkadi. (2022). Program Akselerasi Belajar Anak Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa. 6(3) 5240535.

Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74

Fitri, S. F. . (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Fauzi, R., Usman, A., Hayati, N. N., & Nasihudin, M. D. (2023). Pengelompokan Gaya Belajar Secara Homogen dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi Proses Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 9. https://doi,org/10.47134/jtp.vli2.77

Khovivah, A., & Weni Tria Anugrah Putri. (2023). Profil Gaya Belajar Siswa Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Di Kelas Va Min 6 Ponorogo. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 318–333. https://doi.org/10.21154/thifl.v3i1.2102

Murniviyanti, L., & Supena, A.(2021). Education Services for Special Intelligent and Talent Children in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2481-2488. https:doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1320

Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Auditori dalam Pandangan Filsafat. At_Tazakki, 6(2), 255–270.

Prasetyo, T., Alya, N., & Rahmatillah, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Anak: Studi Kualitatif Tentang Pola Asuh Dan Pembinaan Keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu, 9(2), 207–215. https://doi.org/10.25078/jpm.v9i02.2789

Puspitasarii, Y., & Lestari, P. (2024). Memahami Anak Berbakat Istimewa (Talanted) serta Penerapan Model Pembelajarannya. PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 1(1), 1–19. https://scholar.google.com/

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta CV.

Suprihatiningrum, J. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN: Teori & Aplikasi. AR_RUZZ MEDIA.

Ulfa, M., & Aridhona, J. (2021). Psikologi Anak Berbakat. Syiah Kuala University Press.

Zamhari, Noviani, D., & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Nandadwirintani, Murniviyanti, L., & Rosmiyati, E. (2025). Strategi Optimalisasi Gaya Belajar Siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) di SD Baptis Palembang. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 119–128. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30401