Analisis Lingkungan Sosial Terhadap Pemilihan Bahasa Siswa Kelas 4 SD Negeri Tanjung Mas
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30828Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sosial, khususnya keberadaan Stasiun Tawang dan pasar tradisional, terhadap pemilihan bahasa dalam keterampilan berbicara siswa kelas 4 SD Negeri Tanjung Mas. Lingkungan sosial yang multibahasa membuat siswa terbiasa menggunakan campuran bahasa Indonesia dan Jawa dalam komunikasi sehari-hari. Hal ini berdampak pada kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa Indonesia baku dalam situasi formal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan bahasa siswa sangat dipengaruhi oleh konteks sosial tempat tinggal dan kebiasaan masyarakat sekitar. Selain itu, guru turut menggunakan alih kode dalam pembelajaran untuk memudahkan pemahaman materi dan membangun hubungan emosional yang lebih dekat dengan siswa. Fenomena bilingualisme ini bukan sekadar hambatan, melainkan strategi komunikasi yang berfungsi secara sosial dan edukatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan peka terhadap budaya lokal, sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan berbicara yang baik dalam bahasa Indonesia tanpa meninggalkan identitas kebahasaan lokal mereka.
References
Alfan, M., Khairiyyah, A., Firdausy, A. W., & Febiana, A. P. (2023). CAMPUR KODE DAN ALIH KODE BAHASA JAWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MAN 2 JEMBER. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesiahttp://journal.umsu.ac.id/sju/index.php/bahterasia.
Amaliah, G. A., & Maulana, F. R. (2025). Fenomena campur kode dalam tuturan anak usia sekolah dasar: Kajian Sosiolinguistik di SDN Daan Mogot 3. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 7(1), 101–112. https://doi.org/10.26555/jg.v7i1.12388
Budiman, Yustika Sari, Dalimunthe, F. A., & Putri. (2023). IMPLIKASI TEORI BEHAVIORISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm
Darma, A., Tasita, A., Shofiyah, H., Sofyan, L. H., Maulana, M. H., Saputri, S. E., Septian, S., Akbar, G., & Rizkyanfi, W. (2024). Peran Bahasa Indonesia dalam Peningkatan Komunikasi dan Interaksi dalam Pembelajaran PJOK. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2).
Eny Astuti. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif : Journal of Education Research, 87–96.
Fadlillah Haq, S. R. N., Sudrajat, R. T., & Firmansyah, D. (2020). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK TERHADAP UJARAN BAHASA MAHASISWA. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(5).
Fauziah, S. (2024). Penggunaan Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gembira Nangahale. Seminar Nasional Teknologi, Kearifan Lokal Dan Pendidikan Transformatif (SNTEKAD), 1(1), 114–121. https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15704
Filzafatin Habibah, I., Anharul Fahmi, A., Jayang Fitrah, I., Ichwani, I., & Wargadinata, W. (2023). Sosiolinguitsik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Serta Kaitannya dengan Pendidikan Bahasa Arab. Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(3), 182–196. http://urj.uin- malang.ac.id/index.php/JPBA
Haritz, A. Z. (2020). Teori Psikologi Dan Sosial Pendidikan (Teori Interaksi Simbolik). Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2), 118.
Haryani Putri, A., Eka Chandra Wardhana, D., & Supadi. (2020). CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 74 REJANG LEBONG. 3(2), 464–483. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2
Izzati, F. N., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). PENINGKATAN
KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE ROLE PLAYING. Kompetensi Universitas Balikpapan, 1(1).
Jayanti, R., Widya Lestrai. Tiwi, Verawati, A. A., Aqmal Aziz, M., & Tufiq Hidayat. (2024). Implementasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran Bahasa Anak di TK Al Azhar Jombang. Junrla Pendidikan Tambusai, 8, 491–498.
Kurnia Wulandari, N., & Muhroji. (2025). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Aktivitas Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd
Muhammad Hanif Hukama, Damara, I., & Fauzi Rachman, I. (2024). Pembelajaran Bilingual: Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Kedua Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Bilingual. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 119–131. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i1.1570
Panjaitan, N. A. S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal on Education, 05(02), 3788–3795. http://jonedu.org/index.php/joe
Riska, Azis, A., & Tarman. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 389–401.
Rizal Taryono, M., Putri Intan Elfiti, R., & Tambunan, W. (2025). Pemilihan Bahasa pada Siswa Sekolah Dasar dalam Masyarakat Multietnis (Kajian Sosiolinguistik di Kota Sorong). PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2)
Sahrawi, Anita, F., & Rodhi. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN CODE
SWITCHING. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1). http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa
Sari Purba, T. I., Agita Sinaga, S., Situmorang, R. S., & Saptari Wulan, E. P. (2024). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Di SD Sekolah Dasar Swasta Gereja Kristen Protestan Simalungun (Kajian sosiolinguistik). Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(1), 91–102. https://doi.org/10.59581/jmk- widyakarya.v2i1.2538
Sudarsono. (2021). CODE-SWITCHING: STUDY ON THE SPEECH OF INDONESIAN JAVANESE EDUCATED BILINGUALS. Lire Journal (Journal
of Linguistics and Literature, 5. https://doi.org/10.33019/lire.v
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.
Ultavia, A. B., Jannati, P., Malahati, F., Qathrunnada, & Shaleh. (2023). KUALITATIF : MEMAHAMI KARAKTERISTIK PENELITIAN SEBAGAI
METODOLOGI. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 2023.
Zulfirman, R. (2022). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN. Jurnal Penelitian,
Pendidikan Dan Pengajaran, 3. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758
Downloads
Published
Versions
- 2025-12-16 (3)
- 2025-12-16 (2)
- 2025-12-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Qurrotul A'yun, Wening Ardiningtyas, Mia Damayanti, Moh. Farizqo Irvan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
