Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa dengan pemanfaatan Media Konkret dan Video Edukatif pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar IGM Palembang
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30844Abstract
Konsentrasi belajar merupakan aspek kognitif yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan akademik siswa, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Namun, observasi awal di kelas V SD IGM Palembang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mempertahankan konsentrasi selama proses pembelajaran, terutama ketika guru menggunakan metode ceramah dan media yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui penerapan media konkret dan video edukatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar siswa dari 68% pada kondisi awal menjadi 76% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 88% pada siklus II. Media konkret memberikan pengalaman belajar langsung yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, sedangkan video edukatif menyajikan materi secara visual dan auditif yang menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media konkret dan video edukatif dapat secara efektif meningkatkan konsentrasi belajar siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan agar guru di sekolah dasar menggunakan pendekatan pembelajaran yang variatif dan kontekstual untuk mengoptimalkan fokus dan keterlibatan siswa dalam belajar.
References
Ahmad, H., & Maulana, L. A. A. (2019). Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berpikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1).
Anggraini, K. R., Lubis, R., & Azzahroh, P. (2022). Pengaruh video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja awal tentang kesehatan reproduksi. Menara Medika, 5(1), 109–120.
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media video animasi untuk meningkatkan listening skill anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43–52.
Arifin, L. A. (2015). Hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1).
Gym, B., & SD, S. (2021). Tingkat konsentrasi belajar anak pada siswa kelas IV SD melalui brain gym (senam otak). Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 222–232.
Hartini, A. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 7–13.
Hendriani, M. (2021). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 36–45.
Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Azkiya, 6(2), 162–171.
Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(1).
Rahmawati, F., Utami, B., & Mufitdah, N. (2020). Aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams-games-tournament) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi animalia siswa kelas X IPA SMA bina insan mandiri Nganjuk tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 11–14.
Rahmayani, D. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Setiani, A. C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1).
Shadiq, F. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Widya Swara PPPG Matematika.
Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171.
Yuliana, N. D., & Budianti, Y. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 34–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Humairah Amanda, Yenny Anwar, Atika Dwi Maryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
