Penguatan Karakter Siswa Kelas 1 Melalui Pendekatan Behavioristik Di SDN Ngaliyan 05

Authors

  • Firdha Rosdiana Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ika Ratnaningrum Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Anisa Kusumawardani Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wening Ardiningtyas Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30853

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai penguatan karakter siswa melalui pendekatan behavioristik, padahal fenomena ini memiliki dampak signifikan terhadap pembentukan kepribadian dan kedisiplinan siswa di jenjang pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi dan efektivitas pendekatan behavioristik dalam penguatan karakter siswa kelas I di SD Negeri Ngaliyan 05. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan sampel berjumlah satu kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter dan cara belajar siswa kelas I sangat beragam, dengan tantangan utama berupa keterlambatan pengenalan huruf dan angka yang dipengaruhi oleh penggunaan gawai secara tidak terkontrol dan minimnya dukungan orang tua. Pendekatan behavioristik melalui pemberian reward dan punishment cukup efektif meningkatkan motivasi dan disiplin belajar, meskipun pelaksanaannya terkendala oleh beban administrasi guru. Temuan ini sejalan dengan tujuan penelitian dan memperkuat teori behavioristik dalam pembentukan perilaku melalui penguatan eksternal. Simpulan utama penelitian ini adalah pentingnya pembiasaan positif dan penguatan konsisten yang didukung oleh kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membentuk karakter siswa secara berkelanjutan. 

References

Andriana, E., Rokmanah, S., & Nurhazizah. (2023). Pengaruh reward terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas 1 sdn cinanggung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 2456–2472.

Aulia, L. A., & Ni’mah, N. T. A. (2024). Analisis Pengaruh Penerapan Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V SDN 023907 Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.375

Amelia, L., & Sonya, E. R. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 62–69.

Dwi Saputra, A., & Tunnafia, A. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. PHENOMENON : Multidisciplinary Journal Of Sciences and Research, 2(02), 69–92. https://doi.org/10.62668/phenomenon.v2i02.1222

Firda Amalia, N., Maulana Rizqi, A., & Purwati, P. (2024). Analisis Hambatan Penerapan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 24–36. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.722

Hasanah, A., & Syam, H. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsS Bai’aturridhwan Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11245–11254.

Huda, M., & Fawaid, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.291

Jamaludin, U., Pribadi Adya R, & Mulyawati, F. (2023). KARAKTERISTIK BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD). Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02).

Jasmana. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan di SD Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 1.(4). https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Marauleng, A., Hakim, A., Hasan, S., & Hasibuddin, M. (2024). Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Education and Learning Journal, 5(1), 33–47.

Mardikarini, S., Candra, L., & Putri, K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37.

Mayang Sari, S., Purnama Sari, D., & Puspita Sari, R. (2023). Penerapan Teori Belajar Melalui Pendekatan Behavioristik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Nafisa, A. (2024). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(3).

Nahar I. R. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.

Nellyana, D., Fajriah, H., Fitriani, D., Program, 2&3, Islam, P., Dini, A. U., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Ar-Raniry, U., Aceh, B., & Abstrak, A. I. (2024). Efektivitas Komunikasi Guru dan Orang Tua Melalui WhatsApp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Educator Development Journal, 2(1). https://doi.org/10.22373/edj.v2i1.2598

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.

Putri, G., Pratama, A., Anggraheni, I., Prasetyo, Z., Konseling, B., & Surabaya, U. N. (2025). Efektivitas Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Disiplin dan Motivasi Belajar Siswa. 9, 2291–2300.

Rohmawati, A., Rawamangun Muka, J., & Timur, J. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol 9. https://doi.org/10.21009/JPUD.091

Saad, S., Hakim, A., & Rosmiati. (2021). Peran Guru Muslimah Dalam Pendidikan Karakter di SMP-IT Darul Istiqamah Maros. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di SDN 24 Maros, 1(2), 80–93.

Saifullah Ammar, M. H. (2024). Metode Pembiasaan Dan Keteladanan Untuk Mendidik Karakter Siswa Di Smp It Mutiara Ilmu Sokaraja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1861–1864.

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Sandria, O., Syawaluddin Syawaluddin, Sri Hartati, & Syam, H. (2024). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 di MAN 1 Agam. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 06–20. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i1.1416

Sarqawi, A., Ashari, A., Sari Putri Tambunan, R., Tuzahra, S., & Nazira Dhani, Z. (2023). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Anak Mengikuti Festival Anak Sholeh di Desa Karang Anyar. Zahra Nazira Dhani INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 10092–10102.

Shahbana, E. B. , & S. R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, Vol 9(1). https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sinambela, J. L., & Simanjuntak, M. (2025). Strategi Mengatasi Dampak Negatif Kebiasaan Penggunaan Gadget. 14(1), 1085–1094.

Siti Mahfudlotul Alfia, Hafni Zukhrufina, Aulatul Mufidati, & Mohammad Romadlon Habibullah. (2024). Efektivitas Metode Pembiasaan Akhlak Mulia dalam Menanamkan Nilai-Nilai Tasawuf pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 3(1), 114–122. https://doi.org/10.59024/jise.v3i1.1057

Supranoto H. (2015). Implementasi PendidikanKarakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Yahya, M., & Martha, A. (2025). Guru Profesional dengan Tantangan Tugas , Fungsi , serta Perannya dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidikan. 1(2), 60–70.

Zulfirman, R. (2022). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pengajaran, 3(2), 147–153. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Rosdiana, F., Ratnaningrum, I., Kusumawardani, T. A., & Ardiningtyas, W. (2025). Penguatan Karakter Siswa Kelas 1 Melalui Pendekatan Behavioristik Di SDN Ngaliyan 05. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 252–267. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30853