Tantangan Pembelajaran Membaca Permulaan Bukti Empiris Dari Siswa Kelas I SDN 24 Mataram

Authors

  • Ghina Sakina Program Studi PGSD Universitas Mataram, Indonesia.
  • Prayogi Dwina Angga Program Studi PGSD Universitas Mataram, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30933

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi peserta didik kelas I Sekolah Dasar, namun kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas I SDN 24 Mataram serta faktor-faktor penyebabnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap delapan peserta didik yang telah diidentifikasi mengalami hambatan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan mengenal huruf, menyusun huruf menjadi kata, membaca kata per kata secara lancar, dan membaca secara mandiri. Faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain kurangnya konsentrasi saat belajar, minimnya pengenalan huruf sejak usia dini, kurangnya perhatian dari orang tua, metode pembelajaran yang monoton, serta kurangnya media belajar yang menarik dan mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman terhadap jenis dan faktor penyebab kesulitan membaca permulaan sangat penting untuk membantu guru dan orang tua dalam merancang strategi pembelajaran yang tepat dan efektif, sehingga proses belajar membaca pada siswa dapat berlangsung secara optimal.

References

Atiya Farhah. (2022). Analisis Kesulitan Mengenal Huruf Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas 1a Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1270–1278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363

Christina, A., & Ariyanto, E. (2021). Tuntas Motorik Seri Panduan Latihan Praktis.

Hairiah, S. H., Yantoro, & D. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Pemula Pada SIswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, Volume. Jurnal Pendidikan Tematik, 8(2), 101–109.

Halimah. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Huduni, A., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 394–398. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.488

Lestariningsih, N., & Utami, R. D. (2024). Pengaruh Kesulitan Membaca Huruf Abjad pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3128–3132. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1292

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Pramesti, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. 2(3), 283–289.

Rizkiana, R. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD NegeriBangunrejo 2 Yogyakarta. Basic Education, 5(34), 3–236.

Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036

Sartika, D., Novita, P., & Sijabat, S. M. (2025). Analisi Faktor Penyebab Kesulitan Mengenal Huruf Dalam Memabaca Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan STKIP Muhammadiyah Manowari 2025, 03(01), 1–7.

Siregar, S. F. A. H., Dalimunthe, D., & Purnama, T. B. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampak terhadap Perkembangan Prestasi Siswa Kelas IV-VI SDN 104255 Pantai Labu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia membaca anak . Cara mengajar yang monoton dan kurang menarik membuat siswa cepat bosan. ENGGANG : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Buday, 5(1), 391–400.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R%D.

Suhadah, S., Witono, A. H., & Saputra, H. H. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1518–1524. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.780

Suryani, I., Musaddat, S., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 7792–7806.

Syafrudin, U., Oktaria, R., & Sari, M. R. (2022). Studi Kasus Kesulitan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Winarti, S. (2023). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa SD Ditinjau dari Aspek Kelas Kata: Studi Kasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 6–16. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.890

Downloads

Published

2025-12-01 — Updated on 2025-12-16

Versions

How to Cite

Sakina, G., & Prayogi Dwina Angga. (2025). Tantangan Pembelajaran Membaca Permulaan Bukti Empiris Dari Siswa Kelas I SDN 24 Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 268–280. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30933 (Original work published December 1, 2025)