Tantangan Pembelajaran Membaca Permulaan Bukti Empiris Dari Siswa Kelas I SDN 24 Mataram

Authors

  • Ghina Sakina Program Studi PGSD Universitas Mataram, Indonesia.
  • Prayogi Dwina Angga Program Studi PGSD Universitas Mataram, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30933

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi peserta didik kelas I Sekolah Dasar, namun kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas I SDN 24 Mataram serta faktor-faktor penyebabnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap delapan peserta didik yang telah diidentifikasi mengalami hambatan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan mengenal huruf, menyusun huruf menjadi kata, membaca kata per kata secara lancar, dan membaca secara mandiri. Faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain kurangnya konsentrasi saat belajar, minimnya pengenalan huruf sejak usia dini, kurangnya perhatian dari orang tua, metode pembelajaran yang monoton, serta kurangnya media belajar yang menarik dan mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman terhadap jenis dan faktor penyebab kesulitan membaca permulaan sangat penting untuk membantu guru dan orang tua dalam merancang strategi pembelajaran yang tepat dan efektif, sehingga proses belajar membaca pada siswa dapat berlangsung secara optimal.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Sakina, G., & Prayogi Dwina Angga. (2025). Tantangan Pembelajaran Membaca Permulaan Bukti Empiris Dari Siswa Kelas I SDN 24 Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 268–280. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30933