Menumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Esensialisme

Authors

  • Aminadrian Mustafa Program Studi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Nashatu Karimah Alfya Program Studi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30940

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan tidak semata-mata bertujuan mengenalkan peserta didik pada aspek hukum, peraturan, atau sejarah nasional. Lebih dari itu, mata pelajaran ini menjadi sarana strategis untuk membentuk individu yang berpikir kritis, berperilaku etis, serta memiliki kepekaan sosial. Dalam konteks ini, pendekatan esensialisme dapat dijadikan landasan yang kokoh dalam proses pembelajaran. Pendekatan tersebut menekankan pentingnya penguasaan terhadap pengetahuan fundamental dan nilai-nilai moral dasar seperti tanggung jawab, kejujuran, serta kecintaan terhadap bangsa sebagai prasyarat untuk pengembangan lebih lanjut. Melalui esensialisme, kegiatan belajar menjadi lebih terarah dan sistematis dalam membangun kerangka berpikir siswa. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan akademik, terutama dalam aspek literasi kritis, kemampuan berargumentasi, dan diskusi yang logis. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan tujuan untuk mengkaji relevansi pendekatan esensialisme dalam pembelajaran PPKn di tengah dinamika perubahan zaman. Temuan studi menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai inti dengan strategi pembelajaran kontekstual menjadikan PPKn sebagai mata pelajaran yang tidak hanya mencerdaskan secara intelektual, tetapi juga membentuk karakter peserta didik yang tangguh dan siap menghadapi tantangan global.

 

References

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarnegaraan, 6(1), 1541–146. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2772

Amin, M. S., Marhaeni, Saufiatunnisa, & Aulia, T. (2024). Kurikulum Merdeka Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Esensialisme. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29135

Arfini. (2023). Peningkatan Kemampuan Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) Melalui Literasi pada Siswa Kelas III Sanggar Bimbingan (Sb) Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia [Skri]. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Attaqy, M. J., Hidayatullah, M. F., & Bakar, M Yunus Abu. (2025). Esensialisme Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1), 523–532. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3370

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2021). Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2). http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).107-114

Ekawati, W., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Kajian Filsafat Esensialisme Terhadap Pelaksanaan Supervisi Manajerial. Helper: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 40(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/view/6321/4664

Farih, N., & A’yun, D. (2024). Implikasi Aliran Esensialisme dalam Budaya Pendidikan Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1). https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.629

Hijran, M. (2022). Pendidikan Moral Menurut Islam Kaitanya Dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Departemen Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan: Jurnal Kewarnegaraan, 6(1), 2510–2515. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.3860

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarnegaraan, 6(1), 1541–146. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2772

Amin, M. S., Marhaeni, Saufiatunnisa, & Aulia, T. (2024). Kurikulum Merdeka Dalam Persfektif Filsafat Pendidikan Esensialisme. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29135

Arfini. (2023). Peningkatan Kemampuan Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) Melalui Literasi pada Siswa Kelas III Sanggar Bimbingan (Sb) Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia [Skri]. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Attaqy, M. J., Hidayatullah, M. F., & Bakar, M Yunus Abu. (2025). Esensialisme Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1), 523–532. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3370

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2021). Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2). http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).107-114

Ekawati, W., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Kajian Filsafat Esensialisme Terhadap Pelaksanaan Supervisi Manajerial. Helper: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 40(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/view/6321/4664

Farih, N., & A’yun, D. (2024). Implikasi Aliran Esensialisme dalam Budaya Pendidikan Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1). https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.629

Hijran, M. (2022). Pendidikan Moral Menurut Islam Kaitanya Dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Departemen Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan: Jurnal Kewarnegaraan, 6(1), 2510–2515. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.3860

Idawati, Mz, A. H. K., & Mawaddah, N. (2025). Implikasi Filsafat Aliran Esensialisme Dalam Budaya Pendidikan Indonesia Di Sekolah Dasar. Journal on Education, 7(2). http://jonedu.org/index.php/joe

Ilmiah, N., Apriliani, G., & Raudah. (2024). Konsep Aliran Filsafat Pendidikan (Esensialisme) Nur Ilmiah. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.11535006

Irawan, M. F., & Bella, S. (2024). Penerapan Prinsip-Prinsip Esensialisme dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.799

Kamila, K. I., Karima, N. M., Azzahra, N. T., & Bakar, M. Y. A. (2024). Aliran Filsafat Esensialisme dalam Pandangan Pendidikan Islam. Jurnal Sains Student Research, 2(6), 246–256. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2960

Knight, G. R. (2007). Filsafat Pendidikan (M. Arif, Trans.; 1st ed.). Gama Media.

Lutvitasari, A. D., Suciptaningsih, A., & Anggraini, E. (2024). Implementasi Fillsafat Pendidikan Esensialisme Beserta Tantangannya di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4). https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19583

Maduwu, E. S. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 2 Tkj SMK Negeri 1 Toma. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1). https://doi.org/10.57094/jpkn.v4i1.819

Munthe, A. R., Saragih, S. Z., Adi, P. N., & Hubi, Z. B. (2024). Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Esensialisme dalam Perspektif Pendidikan Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 8(2). https://doi.org/10.31316/jk.v8i2.7172

Muslim, A. (2020). Telaah filsafat pendidikan Esensialisme dalam pendidikan Karakter. Jurnal Visionary, 10(2), 37–41. https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359

Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(1). https://www.ojs.yayasanalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/251/252

Noe, W. (2013). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dalam Membangun Karakter Siswa (Studi Deskriptif pada Sd Ypi 45 Kota Bekasi). Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.33558/pedagogik.v1i2.1232

Novita, A., & Bakar, M Yunus Abu. (2021). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i1.2409

Nugraha, D., & Syaraini, V. Q. (2024). Esensialisme dalam Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi konsep Pendidikan dan Implikasinya dalam Kurikulum. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 1(10), 7038–7048.

Putri, R. K. A., & Bakar, M Yunus Abu. (20233). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752

Rahayu, B. M., Hasani, A., & Nulhakim, L. (2023). Menyeimbangkan Perenialisme Dan Esensialisme Dalam Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4414–4416. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22577

Romadon, Faizah, U., Wulandari, P., & Sari, H. P. (2024). Relevansi Aliran Filsafat Esensialisme dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Penais: Jurnal Studi Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 43–51.

Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang BerkarakteR pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632

Saskia, S. I. (2023). Analisis Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Nasionalisme Warga Negara. Journal of Civic and Education Research, 1(1). https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.8

Downloads

Published

2025-12-02 — Updated on 2025-12-16

Versions

How to Cite

Mustafa, A., & Alfya, N. K. (2025). Menumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Esensialisme. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 281–289. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30940 (Original work published December 2, 2025)