Menumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Esensialisme

Authors

  • Aminadrian Mustafa Program Studi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Nashatu Karimah Alfya Program Studi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30940

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan tidak semata-mata bertujuan mengenalkan peserta didik pada aspek hukum, peraturan, atau sejarah nasional. Lebih dari itu, mata pelajaran ini menjadi sarana strategis untuk membentuk individu yang berpikir kritis, berperilaku etis, serta memiliki kepekaan sosial. Dalam konteks ini, pendekatan esensialisme dapat dijadikan landasan yang kokoh dalam proses pembelajaran. Pendekatan tersebut menekankan pentingnya penguasaan terhadap pengetahuan fundamental dan nilai-nilai moral dasar seperti tanggung jawab, kejujuran, serta kecintaan terhadap bangsa sebagai prasyarat untuk pengembangan lebih lanjut. Melalui esensialisme, kegiatan belajar menjadi lebih terarah dan sistematis dalam membangun kerangka berpikir siswa. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan akademik, terutama dalam aspek literasi kritis, kemampuan berargumentasi, dan diskusi yang logis. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan tujuan untuk mengkaji relevansi pendekatan esensialisme dalam pembelajaran PPKn di tengah dinamika perubahan zaman. Temuan studi menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai inti dengan strategi pembelajaran kontekstual menjadikan PPKn sebagai mata pelajaran yang tidak hanya mencerdaskan secara intelektual, tetapi juga membentuk karakter peserta didik yang tangguh dan siap menghadapi tantangan global.

 

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Mustafa, A., & Alfya, N. K. (2025). Menumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Esensialisme. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 281–289. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30940