Pengaruh Metode Eksperiment Transformasi Benda Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa MI
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31190Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pengaruh dari penggunaan pendekatan eksperimen transformasi benda pada hasil pembelajaran siswa kelas IV B MI Darussalam Semanding Jombang. Pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dipilih dalam pelaksanaan penelitian, penelitian ini dilaksanakan dengan satu kelas eksperimen sebagai subjek yang terdiri atas 26 siswa. dalam proses penelitian, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta pretetst dan posttest. Analisi data menggunakan uji Wilcoxon guna mengetahui signifikansi perubahan hasil belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa pendekatan eksperimen efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dan berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar. Hasil Rata-rata dari pretest yang diperoleh siswa 55,59, sementara untuk nilai posttest meningkat menjadi 74,85. Persentase ketuntasan belajar meningkat secara signifikan dari 15,38% pada pretest menjadi 88,46% pada posttest. Uji Wilcoxon memperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara sebelum dan setelah penggunaan metode eksperimen. Temuan ini menunjukan bahwa penggunaaan metode eksperimen transformasi benda pada siswa efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan pada saat proses pembelajaran.
References
Ajeng Retno Utami, Suhendri, P. D. (2019). Hubungan Kreativitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa. Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 04(2), 56–62.
Andreastya, V. H., & Anggraeni, D. L. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Antara Metode Pembelajaran Outdoor dan Indor. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol., 5(1), 18–32.
Asrul. (2020). Pembelajaran Inovatif Pada Pendidikan Dasar. PGMI STIT Al--Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, 1(2), 137–150.
Dharma, A. S., & Fitriani, S. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V UPTD SDN 4 Adirejo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1305. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5227
Hanafi, I., Nugraha, A., & Ganda, N. (2023). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Analisis Konsep Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 232–241. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689
Kamila Mahabatillah, & Surana, D. (2022). Meningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Metode Pembelajaran Eksperimen. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.533
Lutfiah, Z., Efendi, R., & Lestari, N. (2023). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 128/VI Tanjung Putus 1 Kabupaten Merangin. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4201–4213.
Mami Fiktoria Lifu, Asti Yunita Benu, K. E. N. N. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sd Inpres Sikumana 2 Kota Kupang. Jurnal Pembelajaran Aktif, 5(4), 252–267.
Marhani. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 6(4), 9–14. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/914.
Nashiroh Dini Amaliya, & Nirwana Anas. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Usia Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2037–2048. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/752
Nikmah, F., Agus Retnanto, dan, & IAIN Kudus, P. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Terintegrasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka. Agustus, 4(2), 2962–746.
Putri, Z. A., Azizah, M., Sustaminawhanti, Y., Zuhri, M. S., Semarang, U. P., & Semarang, S. D. N. T. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Materi Mengubah Bentuk Energi di Kelas IV SDN Tambakrejo 01. Journal Of Social Science Research Volume, 4.
Ria Budi Astuti, & Gamaliel Septian Airlanda. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kognitif Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 353–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50893
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & RnD (2nd ed.). Alfabeta.
Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.
Utaminingsih, R., & Nizaar, M. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 121. https://doi.org/10.30738/wa.v4i2.8273.
Wardianti, R., Puspita, T., & Rini, W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pbl, Tgt Dan Metode Eksperimen Siswa SD. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 269–279. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Downloads
Published
Versions
- 2025-12-16 (4)
- 2025-12-04 (3)
- 2025-12-02 (2)
- 2025-12-02 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nailil Hafidhoh, Vian Hanes Andreastya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
