Uji Kelayakan Media JAMTAR Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31374Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran JAMTAR (Jam Berputar) sebagai alat bantu belajar pada materi konsep waktu dalam mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Media ini dirancang berbentuk alat permainan berbasis visual dan gerak, sehingga dapat mendukung pembelajaran yang konkret, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik siswa usia dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Kaliwungu, Kudus, tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi, serta siswa dan guru. Hasil validasi menunjukkan bahwa media JAMTAR memperoleh skor rata-rata 4,75 dari ahli materi, 4,6 dari ahli media, dan 4,7 dari praktisi, yang semuanya berada dalam kategori sangat layak. Respon siswa dan guru juga menunjukkan skor tinggi, masing-masing sebesar 95% dan 92%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media JAMTAR layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif, praktis, dan interaktif dalam mendukung pemahaman konsep waktu bagi siswa sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ervida Eka Aurelya, An Nissa Rizki Ramadhina, Desvita Maharani, Yunda Wahyuning Tyas, Sekar Dwi Ardianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
