Uji Kelayakan Media JAMTAR Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ervida Eka Aurelya Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • An Nissa Rizki Ramadhina Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Desvita Maharani Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Yunda Wahyuning Tyas Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Sekar Dwi Ardianti Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran JAMTAR (Jam Berputar) sebagai alat bantu belajar pada materi konsep waktu dalam mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Media ini dirancang berbentuk alat permainan berbasis visual dan gerak, sehingga dapat mendukung pembelajaran yang konkret, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik siswa usia dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Kaliwungu, Kudus, tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi, serta siswa dan guru. Hasil validasi menunjukkan bahwa media JAMTAR memperoleh skor rata-rata 4,75 dari ahli materi, 4,6 dari ahli media, dan 4,7 dari praktisi, yang semuanya berada dalam kategori sangat layak. Respon siswa dan guru juga menunjukkan skor tinggi, masing-masing sebesar 95% dan 92%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media JAMTAR layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif, praktis, dan interaktif dalam mendukung pemahaman konsep waktu bagi siswa sekolah dasar.

References

Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.301

Ardianti, S. D., Ayu, S., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. 10(3), 1611–1622.

Ardianti, S. D., Nikmah, F., & Pratiwi, I. A. (2023). Hubungan Antara Intensitas Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. 09(04), 2397–2407.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Baramukti, I. M., Rokhmaniyah, R., & Suhartono, S. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.76552

Eliza, Y. G., & Ain, S. Q. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 475–482. https://jurnaldidaktika.org475

Fauzia, A. S., Ambarwati, D. N., Agustin, H. L., Herlina, Ramadhani, T., & Putri, H. E. (2025). Analisis Kesulitan Membaca Jam Analog Dan Jam Digital Siswa Sekolah Dasar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. 6(2), 169–183.

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Jatisari, Kec. Jatiasih, 1338–1347.

Kancanadana, G., Pertiwi, C. P., & ... (2024). Cultural Literacy Flipbook: Meningkatkan Literasi Budaya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Kanigoro. Seminar Nasional …, 3(2), 572–580. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5896%0Ahttps://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/5896/4698

Mardilah. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Location Technic Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Panjatan. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 1–23.

Maulida, H., Ibrahim, M., & Mawaddah, S. (2023). Penggunaan Media Jam Tiruan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Membaca Jam pada Siswa Kelas I Sdn Gunungsari I Surabaya. 01, 443–449.

Nurhaswinda, & Parisu, C. Z. L. (2025). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar dan Solusinya. 1(1), 50–58.

Prabowo, Putra, M., Cahyaningtyas, & Permata, A. (2025). Analisis Kesulitan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V SDN Sanggarahan. 10(1), 1–15.

Rohilah, Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 148–155.

Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Evektivitas Pnggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 14–23.

Sagita, W., Irsyadunas, I., & Alfiriani, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X TKJ Di SMK Negeri 2 Padang. Informatika, 11(2), 77–85. https://doi.org/10.36987/informatika.v11i2.4227

Subaweh, I., & Sutriyani, W. (2025). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Sd. 4(4), 519–525.

Sulastri, J., Anita, Y., Reinita, & Ahmad, S. (2024). Pengembangan Media Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(33), 350–368. https://doi.org/10.1002/asjc.903

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Downloads

Published

2025-12-02 — Updated on 2025-12-16

Versions

How to Cite

Aurelya, E. E., Ramadhina, A. N. R., Maharani, D., Tyas, Y. W., & Ardianti, S. D. (2025). Uji Kelayakan Media JAMTAR Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 350–359. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31374 (Original work published December 2, 2025)