Upaya Guru Dalam Mengatasi Perundungan Bullying Pada Mata Pelajaran Penjakes Kelas V SD Negeri Gumay Ulu

Authors

  • Ermy Nuryati Program Studi PGMI Institut Agama Islam Pagaralam, Indonesia
  • Deska Puspita Program Studi PGMI Institut Agama Islam Pagaralam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31628

Abstract

Perundungan (bullying) merupakan tindak kekerasan yang dilakukan secara sadar, disengaja, hal ini ditujukan untuk melukai atau menyakiti orang lain. Perundungan ini tindakan yang dilakukan oleh individual atau kelompok terhadap pihak lain. Permasalahn perundungan (bullying) yang terjadi ini di sebabkan oleh faktor lingkungan keluarga yang berantakan (tidak harmonis) dan keluarga yang menerapkan pola komunikasi yang kasar, sekolah, media massa, budaya dan peer group. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menangani siswa-siswi yang melakukan perundungan dan siswa-siswi yang menjadi korban perundungan, Mencari tahu kebenaran masalah yang terjadi, menasehati/ memberikan pengertian, dan mencari jalan penyelesaian untuk masalah perundungan yang terjadi agar tidak terulang lagi. Dalam penyelasaian masalah perundungan guru sering terkendala dalam perbedaan karakter anak yang dipengaruhi oleh lingkungan watak keras, lemah lembut, kurangnya perhatian orang tua, faktor ekonomi orang tua, sering nonton acara TV dan menggunakan alat komunikasi yang canggih contohnya (hp, Internet) diawasi oleh orang tua

References

Alfaly, M. R. (2023). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perundungan (Bullying) Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn 06 Kabupaten Seluma (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Bell, R. L. 2009. Teaching the nature of science: three critical question (best practices in science education monograph). Diakses dari: http://ngl.cengage.com/assets/downloads/ngsci_pro0000000028/am_bell_t each_nat_sci_scl22-0449a_.pdf. [1 Mei 2016].

Book. 2020. Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia” Jurnal Terampil. Vol. 7, no. 1

Braferi, L. & Adinda, A., Afrida, Y., (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMA S Xaverius Bukittinggi. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 6(1), 01-18.

Daradjat, Zakiyah. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djaman Satori dan Aan Komariah. (2014). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama RI, Syamil Quran Corurdova Al-Qur’an, (Jakarta: Sygma Exagrafika, 2009), hlm, 516

Elvera,Yesita Astarina. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : CV Andi offset

Fajarina, Harjiyanti, 2018. “Teacher’s Role In Controlling Bullying Behaviour Students At SD IT LHI”. Jurnal Pendidikan. Vol. 9. No. 7.

Fitri, Chakrawati 2015. Bullying Siapa Takut. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan(KDT).

Giwangsa, S. F. Elawati, E., Suandy, I. V., Beltapan, N. D. A., (2024). Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Perundungan Di Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 6(1), 147-156

Harahap Musaddad, “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Jurnal Al-Thariqah. Vol. 1, No. 2 Desember (2016): h. 142.

Jamilah, S Andriani & A., Nasaruddin N. (2025). Model Penguatan Karakter oleh Guru PAI untuk Mengatasi Perilaku Bullying di SMKN 1 Kota Bima. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 117-130.

Levianti. 2008. Konformitas dan Bullying pada Siswa, Jurnal Psikologi Vol. 6 No. 1.

Masdin.2013. Fenomena Bullying dalam Pendidikan, Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2.

Moloeng Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rodaskarya,2013)

Nadhirah, N. A. Filosofianita, A., Supriatna, N. A. (2023). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perundungan (Bullying). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 92-101.

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (3), 685-691.

Oktavia, R., & Dewi, S. F. (2021). Upaya guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di SMAN 7 Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 81-86.

Putri, M. P. T, A, Laurencia, C, Andryawan (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan

Pratama, M. Y., & Hayati, S. A. (2024). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengantisipasi Perundungan (Bullying) Di SMP Negeri 1 Astambul. Jurnal Serambi Ilmu (JSI), 25(1), 116-129

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rahmelia, S., Prihadi, S., & Nopitha, N. (2023). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama dan Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4 (1), 40-50.

Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837-2850.

Shihab, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Edisi revisi, Jilid 13( Tanggerang: PT. Lentera Hati, 2016), hlm. 223

Sugiono. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Susanti, R. P., Septriana, H., Lestari, E., & Nandini, P. H. N. (2024). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Perilaku Bullying pada Peserta Didik di MTs. Journal of Education Research, 5(3), 4121-4125.

Turokhmah, M. (2025). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling S Islam, 6(1), 40-56.

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Ermy Nuryati, & Puspita, D. (2025). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perundungan Bullying Pada Mata Pelajaran Penjakes Kelas V SD Negeri Gumay Ulu. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 361–367. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31628