Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Tanggu Jawab Siswa Kelas Tinggi Di SDN 309 Panceng Gresik

Authors

  • Heny Lavenia Lestari Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Sukron Djazilan Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Agus Wahyudi Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31768

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk membangun kesadaran sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, sehingga siswa tidak hanya memiliki kemampuan kognitif tetapi juga kecerdasan emosional yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan karakter dengan tanggung jawab siswa kelas tinggi di SDN 309 Panceng Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket, dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Uji validitas menunjukkan semua item angket valid, sedangkan reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,365 (kategori rendah). Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,992 dengan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat hubungan sangat kuat dan signifikan antara pendidikan karakter dengan tanggung jawab siswa. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik pendidikan karakter yang diterima siswa, maka semakin tinggi pula tanggung jawab yang mereka tunjukkan dalam pembelajaran

References

Agustiyarini, D., Wuryandani, W., & Gunawan, I. (2023). Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 50–63.

Fitriani, R. (2021). Membentuk karakter tanggung jawab siswa di sekolah dasar. Pustaka Edukasi.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Resti, F. I. (2021). Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa SMA Negeri 1 Demak melalui program tertib parkir di sekolah. Universitas Negeri Semarang.

Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep dan model pendidikan karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., & Murod, M. (2021). Penegakan hukum di Indonesia untuk menjaga perdamaian dalam keberagaman. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 210–223.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman sikap tanggung jawab melalui pembiasaan apel penguatan pendidikan karakter siswa kelas III. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Wahyuni, I. (2021). Statistika pendidikan dengan SPSS. Deepublish

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Heny Lavenia Lestari, Sukron Djazilan, & Agus Wahyudi. (2025). Hubungan Antara Pendidikan Karakter Dengan Perilaku Tanggu Jawab Siswa Kelas Tinggi Di SDN 309 Panceng Gresik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 404–412. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31768