Analisis Pembelajaran Tematik Berbantuan WhatsApp Group (WAG) Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah di Era Pandemi Covid-19

Tutut Hartina Ilmiah Ningsih, Wahyu Lestari

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran tematik berbantuan WhatsApp Group pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah pada masa pandemi Covid-19. Dalam pembelajaran tematik berbantuan WhatsApp group didapatkan temuan dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, hambatan pembelajaran dan upaya untuk menanggulanginya sehingga tercipta pembelajaran yang lebih bermakna dan mengajarkan pada kecakapan hidup dan kemandirian serta kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif berpendekatan kualitatif, dimana dalam teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi dan lembar observasi terhadap subjek penelitian. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran, guru menyiapkan RPP dan media yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Pada proses pembelajaran, guru dan peserta didik membuat grup untuk menunjang pembelajaran dan komunikasi. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam tiga ranah pembelajaran yakni afektif, kognitif dan psikomotorik.

Full Text:

PDF

References


Ashari, L. H., Lestari, W., & Hidayah, T. (2016). Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Siswa Smp Kelas VIII dengan Model Peer Asssessment Berbasis Android pada Pembelajaran Penjasorkes Dalam Permainan Bola Voli. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 08–20. https://doi.org/10.15294/jrer.v5i1.14876

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Damayanti, H., & Wiryanto. (2020). Analisis Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Whatsapp di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(6), 1285–1298.

Dina, L. N. A. B., Agustin, N., Sukma, M., & Kusumawati, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Ramah Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding KNPI: Konferensi Nasional Pendidikan Islam, 298–306.

Fadli, M. Z., & Hidayati, R. N. (2020). Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy, 5(2), 99–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1351

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(01), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280

Ika, C., Nita, R., Hakim, A. R., Utami, R. S., & Malang, U. K. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Negeri 5 Jatiguwi. Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Riset Pendidikan Pada Masa New Normal, 4, 340–346.

Iryanti, V. E., Lestari, W., & Bisri, M. H. (2021). Textual Study of Sandul Performance Candigaron Village Sumowono District Semarang Regency. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3800633

Lestari, W., & Barus, S. S. (2021). Budhe’ Centil Cross Gender Dance Hori Art & Entertainment Yogyakarta as Breakthrough Forms of The Z Generation. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3800610

Mukti, M. P. W., & Lestari, W. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya di SMP 1 Jekulo Kudus pada Masa Pandemi Covid-19. Sitakara, VI(1), 112–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5292

Pamungkas, D. E., & Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p211-219

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, I., & Nurfadhillah, S. (2021). Analisis Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sdn Sudimara 11 Ciledug. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 53. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3874




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA