Validitas Modul Berbasis PBL Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SD

Maifit Hendriani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum ada ketersediaan modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas IV SD yang valid. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen validasi modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan pada pembelajaran matematika di kelas IV SD sangat valid jika digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan melalui (1) hasil validasi pakar design modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL)  termasuk kriteria “valid†dengan perolehan skor 4,25 (2) hasil validasi pakar bahasa modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL)  termasuk dalam kriteria “sangat valid†dengan perolehan skor 4,7 (3) hasil validasi pakar materi modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL)  termasuk dalam kriteria “valid†dengan perolehan skor 4,2. Dari  ketiga validasi tersebut membuktikan bahwa pengembangan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan dinyatakan “sangat valid†dengan rata-rata nilai 4.38.


Full Text:

PDF

References


Chan, Faizal. 2019. Pengembangan Buku Petunjuk Pratikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (Online), Vol. 4, No. 2, (http://online –journal.unja.ac.id/index.php/gentapala, diakses 22 Agustus 2020)

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media

Ismira. 2018. “Pengembangan Produk Strategi Bimbingan Karir Berbasis Merantau Etnik Minangkabauâ€. Forum Peneliti, (3) 128

Jean Piaget. 1932. The moral judgment of the child. London: Routledge & Kegan Paul, Ltd.

Mulyatiningsih, Endang. 2019. Motode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta : Yogyakarta

Noprina, Winda. 2015. Pengembangan Modul Menulis Cerpen Berbasis Project Based Lerarning (pjbl) untuk siswa kelas X MA AR-Risalah Padang. Padang

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Trianingsih, Rima. 2016. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal vol. 3 No. 2. Diakses tanggal 10 Desember 2020. Pukul 19.36

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA