Problem Based Learning berbantuan Media Powepoint pada Pembelajaran Tematik: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Edy Wahyu Wibowo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia powerpoint dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 pada materi Tema 7 Kebersamaan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tukharjo, Kulon Progo, DIY. Populasi penelitian berjumlah 4 orang siswa, terdiri dari 2 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket, dengan teknik analisis data melalui 3 tahap yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication. Hasil penelitian menunjukkan pada tahapan pra tindakan 100% siswa mendapatkan kategori cukup, skor tertinggi 41 (68,3%) kategori cukup dan skor terendah 38 (63,3%) kategori cukup. Pada tindakan siklus I didapatkan peningkatan 50% siswa mendapatkan kategori sangat baik, 25% siswa mendapatkan kategori baik, dan 25% siswa mendapatkan kategori cukup. Skor tertinggi pada tahapan siklus I yaitu 54 (90%) kategori sangat baik dan skor terendah 41 (68,3%) kategori cukup. Pada tahapan siklus II didapatkan peningkatakan yang signifikan dengan 50% siswa mendapatkan kategori sangat baik dan 50% siswa mendapatkan kategori baik. Pada tahapan siklus II didapatkan skor tertinggi 55 (91,6%) kategori sangat baik dan skor terendah 50 (83,3%) kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Rahardjo, Muljo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:

Penerbit Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Ardi Mahasatya.

Kemmis S. dan R. Mc. Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria:

Deakin University.

Kemmis S. R. Mc. Taggart dan Nixon R. (2014). The Action Research Planner-

Doing Critical Participatory action Research. Singapura: Springer.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaliasi Pengajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdaya.

Sardiman A.M. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Raja Grafindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta:Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno Hamzah B.. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:

PT Bumi Aksara.

Istiqlal, M. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran

Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1)




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA