Problem Based Learning berbantuan Media Powepoint pada Pembelajaran Tematik: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3836Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia powerpoint dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 pada materi Tema 7 Kebersamaan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tukharjo, Kulon Progo, DIY. Populasi penelitian berjumlah 4 orang siswa, terdiri dari 2 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket, dengan teknik analisis data melalui 3 tahap yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication. Hasil penelitian menunjukkan pada tahapan pra tindakan 100% siswa mendapatkan kategori cukup, skor tertinggi 41 (68,3%) kategori cukup dan skor terendah 38 (63,3%) kategori cukup. Pada tindakan siklus I didapatkan peningkatan 50% siswa mendapatkan kategori sangat baik, 25% siswa mendapatkan kategori baik, dan 25% siswa mendapatkan kategori cukup. Skor tertinggi pada tahapan siklus I yaitu 54 (90%) kategori sangat baik dan skor terendah 41 (68,3%) kategori cukup. Pada tahapan siklus II didapatkan peningkatakan yang signifikan dengan 50% siswa mendapatkan kategori sangat baik dan 50% siswa mendapatkan kategori baik. Pada tahapan siklus II didapatkan skor tertinggi 55 (91,6%) kategori sangat baik dan skor terendah 50 (83,3%) kategori baik.
References
Daryanto dan Rahardjo, Muljo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:
Penerbit Gava Media.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Ardi Mahasatya.
Kemmis S. dan R. Mc. Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria:
Deakin University.
Kemmis S. R. Mc. Taggart dan Nixon R. (2014). The Action Research Planner-
Doing Critical Participatory action Research. Singapura: Springer.
Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaliasi Pengajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdaya.
Sardiman A.M. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Raja Grafindo.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta:Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno Hamzah B.. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Istiqlal, M. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1)