Analisis Penggunaan Mobile Learning Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19) Di Sekolah Dasar

Eka Indah Wahyuni, Juliana Palit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan guru dalam pembelajaran PJOK dengan mobile learning di SDN 41 Tanjungpandan (2)Pelaksanaan pembelajaran PJOK dengan mobile learning di SDN 41 Tanjungpandan; (3) Evaluasi pembelajaran PJOK dengan mobile learning di SDN 41 Tanjungpandan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakanpurposive sampling. Validitas data penelitian menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Analisis data penelitian yang digunakan yaitu model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)Perencanaan pembelajaran PJOK denganmobile learning disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media mobile learning; (2) Pelaksanaan pembelajaran PJOK dengan mobile learning di SDN 41 Tanjungpandan telah sesuai dengan perencanaan yangdisusun dengan digunakannya laptop dan smartphonesebagai media pembelajaran PJOK;(3) Evaluasi dalam pembelajaran PJOK dengan mobile learningterdiri dari menggunakan observasi dan pencatatan sikap siswa serta Penilaian Keterampilan (Penugasan soal–soal melalui Zoom, Google Meet, Classroom,Google Form , gambar dan vidio whatsapp dan aplikasi daring lainnya).

Full Text:

PDF

References


Agung, Leo & Sriwahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19)

Miftah, H. d. (2010). Implementasi teori belajar dan desain sistem pembelajaran mobile learning. media pendidikan.net.

Refi Elfira Yuliani.2010. Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Siswa Terhadap Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. Vol. 1, No. 1, Oktober 2010.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tamimuddin, Muh. 2008, Pemanfaatan Mathematics Mobile Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wulan Junita. 2019. Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA