Aplikasi Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.5033Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Selong dengan menggunakan sampel sebanyak 18 siswa. Penelitian ini mengadaptasi model Alessi dan Trollip (2001). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan angket. Hasil dari uji validator yang diperoleh dari ahli media mendapatkan kelayakan sebesar 3.5 yang berkategori sangat layak, dari ahli materi mendapatkan kelayakan sebesar 3.1 dan mendapatkan kategori layak, dari pengguna mendapatkan kelayakan sebesar 3.0 dengan kategori layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar terbukti layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar
References
Ahmad, H. (2022). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Anggraini, H. I., Nurhayati., N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Arvianto, F. (2018). Media Pembelajaran dalam Pengajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).
Butar, R. B. (2020). Model Pembelajaran Blended Learning Dan Google Classroom Dalam Mengefektifkan Proses Belajar Mengajar Di Era Revolusi Industri 4.0.
Choirunissa, R., & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Remaja-Orang tua Dengan Regulasi Emosi Pada Siswa SMK.
Clark, J. M., & Paivio, A. (1991). Dual coding theory and education. Educational Psychology Review, 3, 149–210.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Diu, A. A., djabar Mohidin, A., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung.
Gusti, L. F. W. (2017). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang di SMK Negeri 1 Malang.
Hernandez, B., Montaner, T., Sese, F. J., & Urquizu, P. (2011). The role of social motivations in e-learning: How do they affect usage and success of ICT interactive tools? Computers in Human Behavior.27.
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS.
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online).
Jahanian, R. (2012). Educational Evaluation: Functions and Applications in Educational Contexts.
Juniati, N., Jufri, A. W., & Yamin, M. R. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa.
Kumala, N. I. (2017). Pengembangan Audio Visual Dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan.
Lestari, A. S. B. (2019). COMOGNITIVE MATEMATIS SISWA SMP TENTANG LUAS DAERAH.
Lutfi, S., Ismatullah, K., & Nur Kholiso, Y. (2021). Developing Interactive Learning Multimedia for Mathematics Subject in Junior High School Grade VIII Student East Lombok. Indonesian Journal of Innovation and Applied Sciences (IJIAS), 1(2), 105–112. https://doi.org/10.47540/ijias.v1i2.237
Miftahul, J. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MIN Bawan Kecamatan Barabai.
Osiesi, M. P. (2020). Educational Evaluation: Functions, Essence and Applications in Primary Schools’ Teaching and Learning. Society & Sustainability, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.38157/society_sustainability.v2i2.134
Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.
Ridwan, T. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK_Arif Cicalengka, Bandung.
Salmina, M., Fitriati, & Wisnarti. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Gui Matlab Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Dimensi Matematika.
Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika.
Wulan, S. R., & Setiarini, S. D. (2021). Penerimaan Pembelajar terhadap Penggunaan Scrimba sebagai Multimedia Pembelajaran Interaktif. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia.
Yanuar, Y., Sukmawati, K. I., & Arifin, S. (2019). Penerapan Model Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.