Manajemen Pembelajaran IPA Berbasis Alam Pada Kelas IV SD Alami Driyorejo Gresik

Authors

  • Siti Maftul Qudsia
  • Muhammad Thamrin Hidayat
  • Muslimin Ibrahim
  • M. Syukron Djazilan

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5183

Abstract

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi manajemen berbasis alam. Di samping itu ingin mengetahui hambatan dan respon siswa yang dialami sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis alam, serta hasil belajar siswa pada sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis alam pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Alami Driyorejo Gresik. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi,wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian explorative kualitatif. Subjek yang digunakan 24 siswa kelas IV, guru kelas IV, kepala sekolah D Alami Driyorejo Gresik. Hasil penelitian ini yaitu dalam melakukan manajemen pembelajaran sekolah tersebut melalui tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran IPA dilakukan di alam dengan menyesuaikan materi dengan lingkungan alam sekitar. Respon siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis alam mendapatkan respon baik. Adapun hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis alam adalah kondisi cuaca, kondisi siswa dan waktu yang dibutuhkan cukup lama. Nilai akademik siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa 80-90 dalam pembelajaran IPA.

Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Alam, Pembelajaran IPA

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Qudsia, S. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2022). Manajemen Pembelajaran IPA Berbasis Alam Pada Kelas IV SD Alami Driyorejo Gresik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 74–91. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5183