Meningkatkan Daya Serap Materi Puisi Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kesik Tahun Pelajaran 2020-2021

Authors

  • Maisul Quroni SDN 3 KESIK

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.5244

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan   daya serap materi puisi dengan metode Cooperative learning pada siswa kelas IV SDN 3 Kesik                                                                                                                      dilakukannya penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Cooperative Learning karena dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia  masih menemukan masalah  yaitu rendahnya daya serap siswa  pada  materi puisi dengan berbagai macam penyebabnya. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti mencoba mengimplementasikan penelitian terhadap materi tersebut dengan metode Cooperative Learning khususnya Tipe STAD  dalam dua ( 2 ) siklus melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan  tiga kali pertemuan pada siklus I dan siklus II dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit. Hasil yang diperoleh setelah melalui penelitian menggambarkan hasil yang positif dimana terjadinya peningkatan daya serap yang baik yaitu dari hasil analisis data hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas pada pre tes  nilainya 53 siklus I sebesar 60 dan pada siklus II sebesar 93 mengalami peningkatan sebesar 18%.

References

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisika, P., Fkip, P., Jambi, U., Drs, P. I., Hendri, M., Ii, M. P., & Si, N. S. (n.d.). Penerapan Model pembelajaran Guided Discovery untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika pokok bahasan cahaya kelas VIIIB SMPN 7 Kota Jambi Adfal Afdala. 1–12.

Husni, M., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar PKn Kelas IV SD Gugus I Selong Ditinjau dari Motivasi Belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(4), 1–10.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204-210.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Quroni, M. (2021). Meningkatkan Daya Serap Materi Puisi Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kesik Tahun Pelajaran 2020-2021. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 416–425. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.5244