Meningkatkan Daya Serap Materi Puisi Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kesik Tahun Pelajaran 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.5244Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan daya serap materi puisi dengan metode Cooperative learning pada siswa kelas IV SDN 3 Kesik dilakukannya penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Cooperative Learning karena dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia masih menemukan masalah yaitu rendahnya daya serap siswa pada materi puisi dengan berbagai macam penyebabnya. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti mencoba mengimplementasikan penelitian terhadap materi tersebut dengan metode Cooperative Learning khususnya Tipe STAD dalam dua ( 2 ) siklus melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan tiga kali pertemuan pada siklus I dan siklus II dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit. Hasil yang diperoleh setelah melalui penelitian menggambarkan hasil yang positif dimana terjadinya peningkatan daya serap yang baik yaitu dari hasil analisis data hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas pada pre tes nilainya 53 siklus I sebesar 60 dan pada siklus II sebesar 93 mengalami peningkatan sebesar 18%.
References
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fisika, P., Fkip, P., Jambi, U., Drs, P. I., Hendri, M., Ii, M. P., & Si, N. S. (n.d.). Penerapan Model pembelajaran Guided Discovery untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika pokok bahasan cahaya kelas VIIIB SMPN 7 Kota Jambi Adfal Afdala. 1–12.
Husni, M., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar PKn Kelas IV SD Gugus I Selong Ditinjau dari Motivasi Belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(4), 1–10.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204-210.
Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.